7 Buah ini Bikin Tubuh Tetap Segar dan Bugar Selama Puasa

MEDAN | DikoNews7-

Salah satu kunci menjalankan ibadah puasa dengan bugar dan segar adalah konsumsi makanan berkualitas. Jangan biasakan makan sembarangan ketika berbuka puasa.

Kurangnya menjaga asupan makanan bernutrisi yang dikonsumsi selama bulan puasa menyebabkan sistem pencernaan tidak lancar. 

Agar kondisi badan tetap bugar dan terjaga kesehatannya, ada baiknya untuk selalu menjaga asupan makanan kaya serat dan vitamin, seperti dengan mengonsumsi buah-buahan.

Selain sehat, Anda juga bakal lebih bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari meski tengah berpuasa. Lalu apa sajakah jenis buah yang baik dikonsumsi selama Ramadan? Berikut tujuh jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

1. Kurma
Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memang sangat identik dengan bulan suci Ramadan. Rasanya kurang lengkap jika buah ini tidak hadir selama bulan puasa. Kandungan glukosa yang tinggi dalam kurma menjadi salah satu alasan mengapa buah ini direkomendasikan sebagai menu berbuka puasa. 

Pasalnya, kandungan gula dalam kurma berkisar antara 75 - 87% dari keseluruhan kandungan yang terdapat di dalamnya. Sekitar 55% gula dalam kurma berbentuk glukosa dan 45% berbentuk fruktosa. Hal ini baik untuk mengembalikan energi yang hilang pada tubuh setelah seharian berpuasa.

2. Alpukat
Ternyata buah yang sering ada dalam campuran es campur dan es teler ini baik bagi kesehatan tubuh selama di bulan puasa. Dengan mengonsumsi alpukat saat bulan puasa mampu menurunkan kolesterol dan juga menurunkan berat badan. 

Alpukat juga berfungsi untuk menyerap nutrisi yang dihasilkan untuk tubuh. Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung zat besi, vitamin B, lemak serta minyak yang bisa menjadi sumber energi jika dikonsumsi saat sahur.

3. Apel
Buah berwarna merah ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar saat berbuka puasa. 

Apel kaya akan kandungan vitamin A, B dan C yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan nutrisi pada tubuh. Selain itu, mengonsumsi apel saat sahur dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Pepaya
Buah pepaya memang terkenal sebagai buah yang baik untuk sistem pencernaan. Hal ini karena pepaya banyak mengandung vitamin C dan pro-vitamin A yang mampu membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan, sehingga saluran pencernaan makanan tetap lancar saat berpuasa. Selain itu, pepaya juga mampu mengurangi rasa mual saat pertama kali berbuka puasa.

5. Kelapa
Kandungan isotonik yang terdapat dalam air kelapa berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang serta mencegah dehidrasi. 

Tidak hanya itu, air kelapa juga mampu mengobati perih lambung akibat meningkatnya asam lambung saat berpuasa. Air kelapa juga bisa menurunkan kadar kolesterol. 

Maka dari itu, ada baiknya bagi penderita darah tinggi dan diabetes untuk meminum air kelapa saat berbuka puasa karena dapat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

6. Blewah
Bukan tanpa alasan buah blewah sering dijadikan sajian untuk berbuka puasa karena rasa manis pada buah ini mempunyai fungsi absorpsi yang akan membantu penyerapan jika Anda makan secara tergesa-gesa, sehingga makanan tidak terkunyah dengan baik.

Selain itu, mengonsumsi blewah juga mampu membantu menyerap zat-zat yang tidak diperlukan dari makanan berbumbu, endapan obat-obatan, bahkan mengatasi rasa mual akibat asam lambung. Blewah juga memiliki banyak kandungan vitamin A.

7. Pisang
Tidak berbeda jauh dengan pisang dan kelapa, pisang juga mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat meredakan asam lambung. Buah berwarna kuning ini pun mampu membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh. 

Daging buah pisang yang lembut dapat melapisi dinding lambung, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi para penderita maag yang berpuasa.


Reporter : DN7
Editor     : Sapta
Sumber  : Merdeka.com

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment