Buaya Raksasa Seberat 600 Kg Berhasil Ditangkap di Australia

DARWIN | DikoNews7 -

Seekor buaya raksasa berhasil ditangkap di Australia setelah diburu selama 8 tahun terakhir. Buaya yang ditangkap ini memiliki berat 600 kilogram dan panjang 4,71 meter.

Seperti dilansir CNN dan AFP, Rabu (11/7/2018), buaya raksasa itu berhasil ditangkap di Sungai Katherine yang ada di wilayah Australia Utara pada Senin (9/7) lalu. Buaya air asin itu diperkirakan berusia lebih dari 60 tahun. Sebelum ditangkap, buaya itu kedapatan bersembunyi di dekat dermaga kapal di sungai tersebut.

Dengan panjang 4,71 meter, buaya ini menjadi buaya terpanjang yang ditangkap di kawasan tersebut. Panjang buaya ini juga mematahkan rekor tahun 2011 saat seekor buaya sepanjang 4,6 meter ditangkap di kawasan itu.
Dituturkan otoritas setempat, penangkapan buaya air asin sepanjang ini tergolong langka. Meskipun panjang rata-rata buaya air asing sekitar 5 meter.

Pelaksana tugas Wildlife Operations di Australia Utara, Tracey Duldig mengatakan, otoritas satwa liar setempat telah mencari buaya ini sejak tahun 2010 saat buaya ini pertama kali muncul.

Otoritas setempat berupaya menangkap buaya itu dan mengisolasinya demi mencegah buaya itu 'berinteraksi dengan manusia'. Usai ditangkap, sebut Duldig, buaya raksasa ini akan dibawa ke penangkaran buaya di wilayah Katherine.

"Ini merupakan buaya terbesar yang pernah ditangkap dari Sungai Katherina oleh Unit Operasi Satwa Liar," sebut Duldig.

Buaya air asin terpantau ada banyak di wilayah Australia Utara. Sepanjang tahun ini, sudah 187 ekor yang ditangkap di kawasan Top End, yang merupakan bagian paling utara dari Australia Utara. Beberapa di antaranya ditangkap karena menyerang manusia.

Otoritas Satwa Liar dan Taman Australia Utara menyarankan para pengunjung untuk tetap waspada. "Bahaya buaya sungguh nyata. Jangan lengah atau membahayakan nyawa Anda," imbau mereka. 


Editor    : Sapta
Sumber  : Detikcom
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment