Penyelamat Akan Keluarkan 5 Orang Lagi dari Gua Thailand Hari Ini

BANGKOK | DikoNews7 -

Tim penyelamat akan mencoba mengeluarkan lima orang yang masih terperangkap di sebuah gua di Thailand. Misi penyelamatan akan dilakukan hari ini.

Ketua tim penyelamat, Narongsak Osottanakorn mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (10/7/2018), empat anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka yang berumur 25 tahun, akan dikeluarkan dari gua hari ini.

Seorang dokter dan tiga personel SEAL Angkatan Laut Thailand, yang telah menemani kelompok tersebut sejak menemukan mereka terperangkap di gua Tham Luang, juga akan keluar dari gua.

Sejauh ini, delapan remaja putra berumur antara 12 dan 16 tahun telah berhasil dikeluarkan dari dalam gua oleh tim penyelam ahli. Yang terbaru adalah misi penyelamatan pada Senin (9/7) kemarin, di mana empat remaja berhasil dikeluarkan dari gua dan dibawa ke rumah sakit Chiang Rai. Operasi penyelamatan itu memakan waktu sembilan jam, atau lebih cepat dua jam daripada operasi penyelamatan empat remaja sebelumnya.

"Hari ini (Selasa) kami berharap akan lebih cepat," tutur Narongsak.

Kompleks gua Tham Luang tempat 12 remaja dan pelatihnya terperangkap sejak 23 Juni lalu tersebut, ibarat sistem labirin dengan celah beragam ukuran.
Ketinggian beberapa celah melebihi 10 meter, sedangkan celah lainnya begitu sempit dan direndam air.

Hal ini menimbulkan potensi bahaya bagi regu penyelamat. Dan kematian seorang mantan penyelam Angkatan Laut Thailand, yang merupakan bagian dari tim pemasok suplai tabung udara kepada para remaja, menjadi bukti bahaya tersebut.

Sebelumnya, Narongsak mengatakan misi penyelamatan ini "berpacu dengan air".
"Kekhawatiran terbesar kami adalah cuaca. Kami sedang menghitung berapa banyak waktu yang tersisa jika hujan, berapa jam dan hari," ujarnya kepada wartawan.


Editor    : Sapta
Sumber  : Detikcom

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment