Sungai Baungan Meluap, Pemukiman Warga Terendam

PANTAI CERMIN | DikoNews7 -
Sungai Baungan Meluap. Akibatnya ratusan rumah warga di Dusun I Desa Pantai Cermin Kanan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai, serta ruas jalan HT Rizal Nurdin atau jalan menuju obyek wisata Pantai Cermin Themepark, terendam air.

"Akibat pasang perdani (banjir rob) dan pendangkalan, Sungai Baungan meluap. Ada 175 Kepala Keluarga (KK) rumahnya terendam air. 
Selain itu, akses jalan sulit dilalui kendaraan roda empat dan dua", terang Kades Pantai Cermin Kanan, Basaruddin, Minggu (8/5).

Daerah pemukiman yang berada hanya berjarak 500 meter dari laut dan jalan menuju obyek wisata tersebut, menurut Basaruddin, bakal terancam tenggelam disebabkan sungai Baungan yang membelah Desa Pantai Cermin Kanan dan Kiri, mengalami pendangkalan sekitar 2 Km dari muara sungai.

Basaruddin juga mengatakan jika pintu klep yang berfungsi mengatur tingginya debit air disejumlah alur sungai Baungan menuju pemukiman warga jebol. Selain itu, ditambah tidak berfungsinya saluran drainase di sepanjang ruas jalan menuju wisata yang mengalami penyumbatan.

Anggota DPRD Sergai, Meryanto alias A Som ketika melakukan peninjauan langsung mengatakan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) khususnya dinas terkait harus menindaklanjutinya dengan menormalisasi alur sungai Baungan berada di Desa Pantai Cermin Kanan dan Kiri yang mengalami pendangkalan dan sendimenisasi tersebut. 
Termasuk memperbaiki atau mengganti pintu-pintu klep yang sudah tidak berfungsi, serta membangun atau membuat saluran drainase sepanjang ruas jalan HT Rizal Nurdin atau jalan menuju obyek wisata Pantai Cermin Themepark, ucapnya. (Imam Susanto)

No comments

Powered by Blogger.