Usai Libur Lebaran, Pendaftar Jalur Mandiri Unimed Meningkat

MEDAN | DikoNews7 -

Setelah SNMPTN dan SBMPTN, pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur TerakhirTahun 2016 yakni Seleksi Mandiri Unimed (SM Unimed). 

Jadwalpendaftaran telah dibuka sejak 20/6/'16 hingga Juli 2016 secara online melalui website http://sm.unimed.ac.id.Sebelum pendaftar memulai proses pendaftaran, langkah awal yangdilakukan adalah membayar biaya pendaftaran melalui Bank BNI diseluruh Indonesia, bisa langsung ke teller di kantor BNI atau via ATM BNI dan SMS Banking BNI.

Menurut Kepala Humas Unimed, Muhammad Surip, persis setelah libur HariRaya Idul Fitri 1437 H selama ± 9 hari kerja, pendaftar seleksi JalurMandiri Unimed tidak bertambah dikarenakan kantor BNI tidak bisamelayani pembayaran biaya pendaftaran karena sedang libur lebaran.Namun pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Senin(11/7/'16), terlihat pendaftaran makin meningkat.

Selain itu, banyak calon pendaftar yang mengalami gangguan jaringan,terutama pendaftar Bidik Misi, karena harus mendaftar terlebih dahuluke website http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, kemudiansetelah mendapatkan PIN dan KAP baru bisa mendaftar kehttp://sm.unimed.ac.id. 

Jumlah pendaftar seleksi jalur mandiri Unimedsebelum terdata baru 500-an pendaftar, namun setelah masuk kerja hariini terlihat sudah ribuan jumlah pendaftar, jelas Surip, Senin(11/7/'16).

Sementara Prof. Dr. Abdul Hamid K selaku ketua panitia dan WakilRektor I Unimed mengatakan, banyak masyarakat yang masih mematangkanpara anak-anaknya untuk mengambil program studi apa di PTN setelahdinyatakan tidak lulus melalui jalur SBMPTN yang telah di umumkan pada28 Juni kemarin.

"Kita berharap setelah libur lebaran, jumlah pendaftar terusmeningkat. Kami berharap kepada seluruh orang tua dan siswa yang akanmendaftar jalur mandiri ke Unimed untuk dapat segera melakukanpendaftaran, jangan menunggu di masa akhir-akhir pendaftaran, karena dari pengalaman yang ada banyak pendaftar melakukan pendaftaran itu dimasa-masa akhir penutupan sehingga banyak mengalami gangguan dari sisijaringan," ujarnya.

Lanjut Prof. Abdul Hamid K, bagi masyarakat yang memiliki anak berprestasi dan berekonomi kurang mampu, melaui jalur Seleksi Mandiridi semua PTN, bisa kembali untuk mendapatkan Beasiswa Bidik Misi.

Beasiswa bidik misi untuk jalur mandiri baru di buka oleh pemerintah pada tahun 2016 ini, sebelumnya hanya diperuntukkan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN saja.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar untuk memperoleh beasiswa bidikmisi bisa segera membaca tata cara proses pendaftarannya di websitehttp://unimed.ac.id, di dalam website tersebut informasi cukup jelas.

Muhammad Surip juga berharap agar para orang tua bisa membimbing anak-anaknya untuk memilih program studi di Unimed sesuai minat danbakatnya.

"Bantulah mereka untuk menguatkan pilihannya pada program studi yangdi minatinya, karena biasanya anak-anak tanpa dukungan penuh orangtuanya akan selalu bimbang dalam menentukan pilihannya, akibatnya akanmendaftar di masa-masa mau penutupan pendaftaran," imbuhnya.

Jika para pendaftar mengalami gangguan pada proses pendaftaran, bisalangsung kontak call center yang ada di websitehttp://sm.unimed.ac.id, atau via email humas@unimed.ac.id, dan bisa juga langsung datang ke Puskom Unimed yang berlokasi di dalam kampus Unimed. (Syahril)

No comments

Powered by Blogger.