Diguyur Hujan Deras, Trotoar Amblas Sedalam 10 Meter

JAMBI | DikoNews7 -

Hujan deras yang mengguyur Jambi sejak sepekan lalu, membuat trotoar di kawasan Kelurahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung, Jambi amblas. Trotoar itu amblas hingga sedalam 10 meter.

Beberapa bagian jalan di dekat trotoar itu juga mengalami keretakan akibat pergeseran permukaan tanah. Selain itu tiang lampu jalan juga nyaris roboh akibat amblasnya trotoar yang membentuk lubang sedalam 10 meter.

"Ini akibat hujan lebat malam kemarin, soalnya hujannya cukup deras, ditambah sejak beberapa minggu terakhir kota Jambi selalu dilanda hujan. Mana drainasenya juga tidak bagus, makanya amblas trotoar jalan ini," ujar Ketua RT 01 Kelurahan Payo Lebar, Fauzi Amin yang dilansir dari detikcom, Selasa (27/3/2018) dini hari. 

Fauzi menambahkan selain buruknya aliran drainase, selokan yang mampet membuat air tergenang di jalan tersebut. Hingga akhirnya mengikis tanah dan diduga menyebabkan trotoar amblas.

"Ambruknya ini tiba-tiba, awalnya sempat dengar suara bunyi didalam bawah tanah, lalu dengan seketika trotoarnya ambruk sedalam 10 meter," katanya

Dia khawatir akibat amblasnya trotoar ini kemudian menjalar ke ruas jalan dan membahayakan pengguna jalan. Fauzi berharap trotoar yang amblas ini segera diperbaiki.

"Kalau tidak cepat ditindak lanjuti, yang kita takuti dapat menjalar ke ruas jalan, apalagi cuaca sudah masuki musim penghujan, nanti jika hujan lagi, ini jalan bisa ikut ambruk, lihat saja sudah ada sebagian yang retak," jelasnya.

Kekhawatiran senada juga disampaikan warga sekitar yang bernama Bujang. Dia khawatir amblasnya trotoar ini mengenai rumah warga yang berada tepat di bawah trotoar itu.

"Kalau rumah saya di bawah itu, yang juga dekat dengan trotoar ini. Kalau di bawah lagi masih ada rumah warga lainnya. Takutnya kalau turun hujan lagi, selain rumah kita terendam banjir, ini pecahan batu trotoar bisa mengarah rumah saya," katanya saat ditemui dilokasi.
 
Amblasnya trotoar jalan ini terjadi pada Senin malam (26/3). Tak ada pejalan kaki yang menjadi korban dalam peristiwa ini. Warga telah melaporkan kejadian ini ke pihak terkait, baik kelurahan hingga kepolisian agar bisa ditindaklanjuti.

"Tadi kita sudah hubungi pihak kepolisian dan kelurahan, untuk cepat tanggap dalam masalah ini, supaya bisa bisa digaris polisikan lalu bisa diperbaiki biar tidak semakin menjalar keruas jalan," ujar Bujang.
Share on Google Plus
    DikoNews7 Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment