Imbas Sakit Ruben Onsu

JAKARTA | DikoNews7 -

Awal Januari 2018 lalu, presenter dan artis komedi Ruben Onsu dirawat di Rumah Sakit Umum Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, selama empat hari. Suami penyanyi Sarwendah itu jatuh sakit usai berlibur ke Jepang. 

Menurut dokter yang menanganinya, Ruben mengalami keletihan. Bagaimana tidak, saat tiba di Indonesia, Ruben langsung lanjut melakukan shooting untuk program bincang-bincang di stasiun televisi. 

Padahal, sebelumnya selama 10 hari di Jepang ia sudah merasa tak enak badan karena faktor cuaca dan makanan. Ditambah penyakit asma yang saat itu baru ia ketahui. 

"Ambruk di hari kedua selesai live yang siang. Saat itu napas sudah sedikit. Saya jalan sama Ayu (Ting Ting), saya tinggalin Ayu, saya cari napas, sampai di mobil kok napas saya pendek. Telepon Wendah dan saya langsung lari ke rumah sakit," kata Ruben saat ditemui di RSU Bunda, Sabtu (13/1/2017). 

Kondisinya berangsur membaik, namun Ruben tak mau meremehkan penyakitnya. Ayah satu anak itu pun menjalani tes kesehatan secarah menyeluruh, termasuk mengecek ada tidaknya sel kanker dalam tubuhnya.

 "Mendingan cek semuanya. Namanya check up kan cek semua badan," kata sang istri, Sarwendah di JW Marriott Hotel, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (4/3/2018). 

Dari hasil cek kesehatan tersebut, tidak ada penyakit membahayakan yang diidap Ruben, hanya kekurangan protein. Meski begitu, Sarwendah tetap menjadwalkan sang suami melakukan cek kesehatan setiap bulan. 

"Aku sekarang rutinin dia sebulan sekali harus checkup karena aktivitas dia yang sangat padat. Aku enggak mau dia sampai sakit, kekurangan makanan, so far dia aman kok," kata Sarwendah.  

Kurangi pekerjaan 

Setelah jatuh sakit hingga harus diopname, Ruben mulai mengurangi kesibukan. Ia membatasi jam kerjanya yang semula bisa sampai dini hari menjadi hanya sampai pukul 21.00 WIB. 

Artinya, Ruben mau tak mau merelakan beberapa program televisi yang ia pandu. 

"Enggak ngambil acara malam lagi. Sehari saya bisa 5-6 program, sekarang hanya 4-5 program aja," ucap Ruben. 

Tak hanya itu, ia juga berencana melowongkan waktu untuk berolahraga. Kala itu Ruben menjadwalkan diri berolah tubuh setiap pagi sebelum berangkat kerja. 

"Jam delapan atau sembilan pagi harus olahraga. Saya akui memang selama empat tahun ini enggak pernah olahraga bahkan berenang enggak ada. Jadi harus pintar-pintar saya mengatur pola," kata Ruben. 

Berat badan turun 

Namun, ada yang berbeda dari penampilan Ruben sejak jatuh sakit. Wajahnya terlihat tirus, tubuhnya pun tampak lebih kurus dari sebelumnya. Hal itu mengundang komentar warganet. 

Menurut Sarwendah, saat dirawat di rumah sakit, bobot tubuh Ruben menurun menjadi 55 kilogram. Penyebabnya karena Ruben kekurangan asupan protein dalam tubuhnya. 

Untuk itu, sang suami wajib mengonsumsi sembilan butir putih telur setiap harinya dan rutin meminum susu putih demi menambah protein. 

Lama-kelamaan berat badan suaminya itu sudah berangsur naik. Bahkan, dalam wawancara di Studio TransTV, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (26/3/2018), Ruben mengaku bobotnya sudah 62 kilogram saat ini. 

"Gue sekarang udah 62 kilogram, udah mulai kembali engap-engap lagi," ujarnya. 

Wajah berjerawat 

Selain tubuhnya yang menjadi kurus, ada perubahan lain pada Ruben setelah jatuh sakit. Wajahnya dipenuhi jerawat hingga lagi-lagi membuat warganet bertanya-tanya. 

Tak mau opini orang-orang melenceng, Ruben pun menjelaskan penyebab wajahnya bisa berjerawat. 

Ia mengatakan bahwa setelah jatuh sakit karena kekurangan protein, dokter menyarankan padanya untuk rutin meminum susu berprotein tinggi. Sebagai penyeimbang, Ruben juga harus rajin olahraga.

Namun, walaupun sudah berencana berolahraga setiap pagi sebelum berangkat bekerja, Ruben belum bisa memenuhi targetnya itu. 

"Kayak orang-orang yang mau bikin otot minum susu itu. Nah, tapi saya kapan olahraganya? Tidur aja berantem, dalam arti gue acara aja baru selesai jam dua atau tiga pagi. Terus tidur jam empat atau enam pagi. Thalia bangun tidur jam tujuh, manggil-manggil ayah... ayah..., terus saya melek lagi," kata Ruben. 

"Makanya gimana mau olahraga gitu, itu aja udah berantem sama waktu. Jadi ya gini, berjerawat," sambungnya.
Share on Google Plus
    DikoNews7 Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment