Didalangi Raju Stres, 24 Rumah Semi Permanen Ludes Terbakar

MEDAN | DikoNews7 -
 
Kebakaran menghanguskan puluhan rumah di kawasan pemukiman padat penduduk di belakang Jalan Mangkubumi, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Rabu (10/10/2018) malam.

Tak ada korban jiwa akibat insiden ini. Namun korban materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Total ada 24 rumah yang terbakar. Namun, saat kebakaran terjadi, kami terpaksa merusak 11 rumah, agar pemadam kebakaran bisa masuk dan menyiram air. Jadi, keseluruhan rumah yang rusak ada 35 rumah," kata Kepala Lingkungan IX Kelurahan Aur, Bambang Supeno, Kamis (11/10/2018).

Seorang warga korban kebakaran, Yudi, mengatakan kebakaran terjadi sekira jam 21.00 wib.

Menurutnya, api berasal dari salah satu rumah yang berada di tengah-tengah lokasi perkampungan itu.

Dengan cepat, api membesar dan menjalar ke rumah-rumah lainnya.
 
"Sekira jam 21.00 wib mulainya. Awalnya, hanya satu rumah yang terbakar, yaitu rumah yang ada tepat di muka rumahku. Raju nama pemiliknya," kata Yudi, yang ditemui Kamis (11/10/2018) siang.

"Jadi, saat api sudah menyala besar, si Raju ini teriak 'udah kubakar rumahku!'. Memang stress anak itu. Mungkin tadi malam itu, dia baru habis minum minuman keras," ujarnya.

Yudi mengaku, rumahnya termasuk yang terdampak paling parah, sebab tak ada yang tersisa. Puing-puing rumahnya bahkan telah jadi butiran-butiran arang.

Seorang warga lainnya, Nurdin Simare-mare, mengatakan kebakaran tersebut cukup hebat. Beruntung, pemadam kebakaran cepat tiba di lokasi dan tanpa butuh waktu lama berhasil menjinakkan api.

"Sekitar lima unit truk pemadam yang datang. Sekali ini, cepat pemadam kebakaran datangnya. Rumah saya hanya bagian dapur aja yang terbakar," aku pria yang berprofesi penarik becak motor ini.

Senada dengan Yudi, Nurdin mengatakan kebakaran besar tersebut bermula dari ulah warga bernama Raju.

"Iya, ada semalam yang dipukuli. Namanya Raju, Katanya, dia yang mulai kebakaran ini. Dia bakar rumahnya sendiri," ujar Nurdin.

Di tempat terpisah, Kapolsek Medan Kota Kompol Revi Nurvelani mengatakan telah mengamankan seorang pria bernama Julius Raju (37).

"Iya, benar. Terduga pelaku penyebab kebakaran besar di Mangkubumi sudah kita amankan tadi malam sekira jam 23.45 WIB," kata Revi, Kamis (11/10/2018).

Pengakuan Raju, lanjut Revi, listrik di rumahnya padam saat itu, sehingga Raju berinisiatif menyalakan lilin di dekat kasur tempat tidurnya.

Tak disangka, api menyambar kasurnya dan dengan cepat melahap bagian rumahnya itu.

"Yang bersangkutan (Raju) diserahkan oleh keluarganya. Saat kejadian, warga lingkungan itu emosi kepada dia, sehingga dia ketakutan dan kabur lewat sungai yang ada di belakang kampung itu tersebut," ungkap Revi.
 
 
Reporter : Romi
Editor      : Sapta
Share on Google Plus
    DikoNews7 Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment