Ini Identitas Tahanan yang Mencoba Kabur Jelang Sidang di PN Medan

MEDAN | DikoNews7 -

Seorang tahanan menyelonong kabur jelang diadili oleh hakim Pengadilan Negeri Klas IA Khusus Medan, Selasa (16/10/2018). Tahanan tersebut kabur saat proses pemindahan dari mobil tahanan ke sel sementara pengadilan.

Tahanan tersebut ialah Natalis Marganda Samosir, berusia 43 tahun. Ia ditangkap oleh personel Polrestabes Medan pada 22 Mei 2018 atas kasus kepemilikan narkotika jenis sabusabu seberat 0,38 gram yang diamankan dari rumahnya di Jalan Mados, Gang Famili II Kelurahan Pulau Brayan Darat, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan.

Pria asal Kabanjahe tersebut telah ditahan sejak 28 Mei 2018, sebelum akhirnya perbuatannya siap disidangkan ke Pengadilan Negeri Medan dengan kawalan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Lamria Sianturi SH dari Kejaksaan Negeri Medan.

Terkait kasus tersebut, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Medan Yusuf membenarkan usaha percobaan melarikan diri yang berhasil digagalkan tersebut. Yusuf mengatakan bahwa Yusuf sejak awal telah berencana melarikan diri.

"Pelaku sudah berencana melarikan diri. Ada sebatang bambu terselip dipinggangnya," sebut Yusuf kepada wartawan.

"Persiapan tersebut digunakannya saat turun dari bus tahanan Kejari Medan. Melihat pintu belakang Pengadilan Negeri Medan terhuka, ia lari ke sebelah kanan atau ke arah Kodim 0201/BS," tutur Yusuf menerangkan kejadian tersebut.

Hal tersebut pun diakui oleh Kejari Medan Dwiharto yang akan berupaya mengevakuasi keamanan dalam membawa tahanan ke Pengadilan Negeri Medan. "Kita akan tingkatkan lagi kemanan. Makanya saya coba evaluasi kenapa hal seperti ini bisa terjadi," ujarnya.

Perlu diketahui, Jika terbukti bersalah, Perbuatan Natalis Marganda Samosir diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika atau Pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.
 
 
Editor   : sapta
Sumber : TribunMedan



Share on Google Plus
    DikoNews7 Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment