Kapolres Langkat Ikuti Mediasi Masalah Lahan Pok Tani Desa Sebertung

LANGKAT | DikoNews7 -


Kapolres Langkat AKBP Dedy Indriyanto, SIK, MSi mediasi Pelaksanaan Musyawarah Permasalahan Lahan Di Desa Sebertung Kecamatan Serapit Kabupaten Langkat Sumatera Utara, digelar di Aula Wira Satya Polres Langkat, Kamis (11/10/2018) pukul 11.15 Wib s/d 12.45 WIB.

Kapolres Langkat bersama Waka Polres Kompol Hendrawan SIK, MH mengikuti masalah Lahan antara Pok Tani Sumber Rezeki Desa Sumber Jaya dengan Pok Tani Jaya kembali kepada pihak PT Amal Tani di Desa Sebertung," ujar Kasubbag Humas Polres Langkat AKP Arnold Hasibuan kepada wartawan.

Kegiatan yang dipimpin oleh Ketua Tim Kemenpolhukam RI Irjen Pol Dr. Drs. Widiyanto P, SH, MSi dan Brigjen Pol Bambang Sugeng serta Kapolres Langkat AKBP H. Dedy Indriyanto SIK, MSi.

Hadir dalam musyawarah ini antara lain : Tim Kemenpolhukam RI Kombes Pol Yulizar Gaffar, Tim Kemenpolhukam RI Kolonel Czi Kun Wardana, Tim Kemenpolhukam RI Kolonel Gatot Tridoyo, Kepala Kanwil BPN Prov. Sumut, Asisten I Pemkab. Langkat, Wakapolres Langkat Kompol Hendrawan, SIK, MH, Kanwil BPN Kab. Langkat, Mewakili Dandim 0203 Langkat,

Lanjut AKP Arnold, Kasat Reskrim Polres Langkat AKP Juriadi SH, MH, KBO Sat Reskrim Polres Langkat, Camat Serapit Endamia, SE, Pihak kuasa masyarakat Pok Tani Bram Wijaya Sembiring, M. Said dan Salman dari Pok tani Sumber Rezeki, Ramli dari Pok tani Sumber Rezeki, Saidi dan Suwono dari Pok tani Jaya Kembali, Humas PT. Amal Tani, Sdr. Darul Iman Hutabarat.

Komisaris PT. Amal Tani Sdr. Rahel Pandia, Ny. Indra Simamora dan Mulia Tarigan, Maneger PT. Amal Tani, Sdr. Krispinus PA, Kapolsek Bahorok AKP Tarmizi Lubis, Kepala Desa Sumber Jaya Giatno dan Kepala Desa Sebertung Edi Zulkarnain," tuturnya.

Tujuan Tim Kemenpolhukam RI melakukan pertemuan/musyawarah kata Kasubbag, untuk membahas dan mencari solusi atas antara Pok Tani Sumber Rezeki Desa Sumber Jaya dan Pok Tani Jaya Kembali Desa Sebertung Kec. Serapit Kab. Langkat dengan pihak PT. Amal Tani dan langkah - langkah / upaya yang telah dilakukan oleh pihak Unsur Forkopinda hingga Unsur Pemerintahan di bawah.

Dari masing - masing pihak menjelaskan, kronologis dan alas hak atas lahan yang menjadi permasalahan / sengketa tersebut dan pertemuan / musyawarah tidak menghasilkan suatu keputusan yang tetap yang dapat diterima oleh masing - masing pihak, dengan demikian pihak Ketua Tim Kemenpolhukam RI
merekomendasikan kepada :

Kapolres Langkat agar membuat surat kepada pihak Kanwil BPN Prov. Sumut dan Kanwil BPN Kab. Langkat untuk dilakukan ukur ulang sesuai titik koordinat lahan. Lanjutnya lagi, Agar HGU yang ada dimiliki oleh PT. Amal Tani di evaluasi kembali yang telah diterbitkan oleh BPN.

Dalam hal ini Kapolres Langkat bersinergi dan berkolaburasi dengan Forkopinda untuk membentuk Tim Terpadu dalam mengevaluasi atas dokumen dan alas hak masing masing pihak. Untuk biaya pengukuran agar dimusyawarakan bersama dengan melibatkan masyarakat dan pihak PT. Amal Tani. Pelaksanaan pertemuan / musyawarah selesai situasi dalam keadaan aman dan kondusif," ujar Kasubbag.
Reporter : Simare-mare
Editor      : Sapta
Share on Google Plus
    DikoNews7 Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment