Bupati Batubara Bersama Unsur Forkopimda Sambut Detik-Detik HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke- 75 Tahun 2020



DN7 | Batubara - Dalam menyambut hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75, Bupati Batubara Ir H Zahir M.Ap  menanti detik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 75 Tahun 2020 secara Virtual bersama unsur Forkopimda Kabupaten dan Unsur OPD Kab. Batubara. Kegiatan berlangsung khidmat walaupun tahun ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda dari biasanya dengan cara virtual.

Selanjutnya Bupati Zahir melakukan ziarah ke Makam Pejuang Pahlawan, usai menghadiri taptu/ziarah di Makam Pahlawan Muhammad Jijen Bin Podung, Kobir Bin Umar dan Karen Sitohang,  Minggu malam (16/8/2020) di Pemakaman Muslim, Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara

Pada ziarah di makam pahlawan tersebut, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP bersama Forkopimda dan OPD menaburkan bunga sebagai tanda penghormatan atas jasa – jasa perjuangannya sekaligus berdo’a.

Ir H Zahir menjelaskan ketiga pahlawan tersebut gugur saat kontak senjata pada Agresi Militer Belanda ke – 2, tanggal 14 Agustus 1947 sekitar pukul 10.00 WIB di area rel kereta api arah Blok 8 Limapuluh menuju Kisaran. Sumber cerita tersebut berasal dari Letak Hasby Bin Thalib Gading selaku saksi sejarah yang masih hidup yang kini menetap di Kabupaten Serdang Bedagai.

Ketiga pahlawan tersebut sangat dihormati oleh masyarakat Kabupaten Batu Bara khususnya Masyarakat Simpang Dolok”, jelas Zahir.

Ziarah ke pemakaman, malam tanda bunyi panggilan prajurit sebagai tanda penghargaan, penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur di medan juang.

Selain dari itu, kata Zahir, menumbuhkan rasa Nasionalisme dan tidak melupakan sejarah seperti yang disampaikan oleh Bapak Proklamator Ir Soekarno.

Ditambahkan Bupati Batu Bara, bahwa acara Taptu diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Batu Bara. “Akan diajukan juga pembuatan Taman Makam Pahlawan di Kabupaten Batu Bara”, ucap Zahir.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP memberikan penghargaan kepada keluarga pahlawan. (Aswat)

Editor : Sapta


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel