Satgas Pastikan Tidak Ada ASN Yang Positif Civid- 19



DN7 | Tanggamus - Konfrensi Pres di  Sekretariat Gugus tugas percepatan penanganan Covid- 19. Sabtu (15/08)

Dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Sekretaris  Kominfo Darius Putrawan, juru bicara gugus tugas percapatan penanganan Covid- 19 Dr Eka Priyanto,dan beberapa Awak Media.

Sebagai pembuka Darius Putrawan menyampaikan,"Pagi ini akan disampaikan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Tanggamus, seperti biasa dipersilahkan menyampaikan pertanyaan atau tugas-tugas tersebut tapi tetap menggunakan konsep Protokol Kesehatan."pintanya.

Juru bicara Dr Eka Priyanto mengatakan, yang sudah kita himpun sampai dengan hari ini beberapa hal yang akan kami laporkan sebagai berikut, kita sudah melakukan pemeriksaan spesimen sebanyak 104 Orang spesimen ini kita periksa dengan dua metode yaitu dengan menggunakan Real Time PCR dan Rapid Test sebanyak 54 Orang dan RDT sebanyak 50 Orang dari pemeriksaan ini kita mendapatkan kasus positif terkonfirmasi sebanyak 6 Orang. Jelasnya.

Langkah-langkah ini dilakukan sebagai bagian dari tindak lanjut tugas-tugas Tanggamus setelah kita temukan kasus 04 adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut yaitu kita melakukan RDT atau Rapid Diagnostic Test kita mulai Rabu tanggal 12 Agustus Tahun 2020 dan Jumat 14 Agustus kita lakukan RDT di rumah dinas Bupati sebanyak 10 Orang di Rumah Wakil Bupati sebanyak 18 Orang di Protokol  ada 22 Orang jadi ada 50 Orang yang kita RDT Alhamdulillah hasil dari RDT tersebut menunjukkan non reaktif."jelasnya.

Langkah kedua, kita melakukan Real-Time di Siara yaitu kita mulai dari tanggal 10 sampai Tanggal 12 Agustus Tahun 2020 kita dilakukan di lingkungan Pemda racing dilakukan dengan pemeriksaan fisik di lingkungan Pemda sebanyak 17 Orang dengan hasil Laboratorium Corona Virus yang dilakukan pemeriksaan di setiap Provinsi dengan hasil negatif kemudian Tanggal 11 sampai tanggal 12 Agustus Tahun 2020 Racing terhadap kontak erat dilakukan di Rumah pasien 04 sebanyak 21 Orang dengan hasil Laboratorium metode Real Time PCR Coronavirus yang dilakukan di Provinsi Lampung 15 Orang Negatif dan 6 Orang dengan hasil Positif 5 kasus masuk Bandar Lampung dan 1 Orang masuk ke Lampung Selatan, jadi 6 itu tidak masuk ke Tanggamus."tambahnya.

Kemudian Tanggal 13 dan 14 kemarin kita melakukan di Puskesmas Kota Agung Racing ini sebanyak 16 Orang dilakukan kemudian kemarin kita kirimkan ke Laboratorium tapi hasilnya masih menunggu kerena baru dikirim kemarin Tanggal 14 Agustus, di waktu yang bersamaan di Tanggal 11 sampai Tanggal 13 Agustus 2020 sekalian kita melakukan disinfektan di komplek Kantor Pemda kemudian berkoordinasi dengan surveilen Bandar Lampung, Tanggamus dan Lampung Selatan kondisi tersebut maka perkembangan pemantauan Covid-19 Kabupaten Tanggamus sampai hari ini adalah sebagai berikut ,Warga yang dipantau konfirmasi positif nya ada 4 orang, Dua selesai diisolasi Satu dirawat Satunya meninggal yang di Pulau Panggung kemudian Saya mau menjelaskan yang diisolasi sudah selesai dia di isolasi selama 21 Hari setelah dilakukan Sweep Tanggal 12 Agustus 2020 hasil suara negatif dan pasien dipulangkan dengan dijemput oleh agensi.". Terangnya lagi.

Kemudian, pasien 04 itu diisolasi mandiri di Rumah dengan pengawasan Dokter Spesialis Paru dan untuk melaksanakan protokol kesehatan yang ketat atau disiplin adalah upaya yang bisa kita lakukan secara bersama-sama untuk memutuskan rantai penularan covid- 19 ini kalau kita bisa melaksanakan Protokol kesehatan ini maka kita bisa menjadi aman kita akan terlindung dari kemungkinan tertular dan kita bisa produktif kembali menjaga jarak setidaknya 1 m, menggunakan master dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Jelasnya.

Acara berlangsung dengan kondusif.(Rudi)

Editor : Sapta


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel