Penampilan Joe Biden-Kamala Harris Saat Pidato Kemenangan, Simpel Tapi Sarat Makna - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Penampilan Joe Biden-Kamala Harris Saat Pidato Kemenangan, Simpel Tapi Sarat Makna


FOTO : Presiden terpilih Joe Biden (kedua kanan) dan istrinya Jill Biden (kanan) bersama Wakil Presiden terpilih Kamala Harris (kedua kiri) dan suaminya Doug Emhoff (kiri), Sabtu (7/11/2020). AP Photo/Andrew Harnik, Pool).
 
DN7 | Jakarta -
 
Joe Biden akhirnya resmi dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden Amerika Serikat berdasarkan hitungan electoral votes dan akan menjadi presiden ke-AS 46. 
 
Sementara pasangannya, Kamala Harris, akan menjadi Wakil Presiden. Dalam pidato perdananya di Wilmington, Delaware, Minggu (8/11/2020) waktu Indonesia, ia menyampaikan bahwa warga Amerika Serikat telah menentukan pilihan mereka dengan jelas.
 
"Rakyat negara ini telah berbicara bahwa mereka telah memberi kami kemenangan yang jelas, kemenangan yang meyakinkan, kemenangan bagi rakyat," katanya seperti dilansir dari CNN, Sabtu, 7 November 2020.
 
Biden tampil bersama Harris untuk menyapa para pendukung mereka yang datang menyambut kemenangan keduanya. Mereka tampil  simpel tapi sarat makna terutama pakaian Harris. Joe Biden terlihat mengenakan jas dan celana panjang hitam, kemeja putih dan dasi biru muda.
 
Sementara Kamala Harris mengenakan pakaian serba putih berupa suit, blus dan celana panjang. Biden dan Harris sama-sama mengenakan masker hitam yang hanya dilepas saat mereka memberikan pidato.
 
Dilansir dari laman In Style, Sabtu, 7 November 2020, ada makna khusus dari pakaian putih tersebut. Pakaian serba putih itu ternyata untuk menghormati 100 tahun keberhasilan para wanita memperjuangkan lahirnya amandemen ke-19 dalam Konstitusi AS yang memberi hak bagi para wanita kulit hitam untuk bisa memberikan suara di pemilihan presiden.
 
Pada 18 Agustus 1920, kongres AS meratifikasi Amandemen ke-19, yang jadi titik awal dari kejayaan negara tersebut dalam mengusung persamaan hak wanita (khususnya untuk yang berkulit hitam) dimulai.

Ratifikasi Amandemen ke-19 merupakan potret keberhasilan para wanita dalam menuntut suaranya, dalam protes yang sudah berjalan kurang lebih 70 tahun lamanya.

Kamala Harris sendri mencetak sejarah dengan menjadi Wakil Presiden AS wanita pertama, sekaligus orang Amerika keturunan Asia, dan kulit hitam pertama yang menjabat di posisi ini.Sementara Joe Biden sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden selama delapan tahun mendampingi Barack Obama.
 
Reporter : Tim@red
Editor : Diko

 
Share This Article :
dikonews7
4518356910882902657
close