Bupati Batu Bara Instruksikan Dinas PU Segera Lakukan Normalisasi Sungai

 

Foto : Bupati Zahir bersama Kadis PU Khairil gunakan sepeda motor saat meninjau lokasi sungai. (Erwin)

DikoNews7 -

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP menginstruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera melakukan normalisasi sungai yang berada di Desa SeiBejangkarkecamatan Sei Balai, kabupaten Batu Bara.

Dalam arahannya Bupati Zahir mengatakan, ada 4 ruas yang perlu di perbaiki, saat ini sungainya sudah dangkal, sedimentasinya sudah tinggi dan banyak pohon yang dahannya sudah menutupi sungai. Tentu Pemerintah dalam menangani pasca banjir akan melakukan normalisasi.

“Memang aliran sungai ini sangat panjang dan vital serta mengaliri ratusan hektar sawah, “ sebut Bupati Zahir saat meninjau sungai dan lahan pertanian di Desa SeiBejangkar, Selasa (31/08/2021).

Di katakan Zahir, selain normalisasi, Pemerintah juga akan memperbaiki bendungan (DAM). Ada 2 titik Dam yang belum masuk dalam standar pembagian air. Seharusnya ketika ada pembagian air, Dam harus ada pembuangan nya juga.

Namun pembangunan Dam tidak dapat di lakukan sekarang sebab anggaran kita belum ada, karena banyak digunakan untuk penanganan COVID-19, tapi nantinya akan kita bangun, ucap Bupati Zahir.

Selain itu, Bupati Zahir meminta kepada para petani untuk segera membentuk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). 

“Kita tadi telah turun bersama ada Kadis PU, Camat, Kepala Desa, Kelompok Tani, masyarakat, dan ternyata belum ada petugas P3A  sehingga tidak dapat menjaga Dam serta sungai yang ada di sini, “ ungkap nya.

Sementara salah seorang petani, Agustinus Siagian berharap Pemerintah kabupaten Batu Bara dapat segera melakukan normalisasi dan perbaikan bendungan (Dam).

Kami mohon tolong tanggapi keluhan kami, kalau sawah kami terancam dan kami pun akan terancam tidak makan dan kelaparan, ungkap Agustinus.

Reporter ; Erwin

Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel