Header

Gawat, Gaji Tidak di Bayar, Buruh PT DI Lapor Ke Disnaker Medan

Foto : SJ Siregar melaporkan nasibnya ke Disnaker Medan

DikoNews7 -

Miris, SJ Siregar (24) akhirnya melaporkan nasibnya ke Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Medan. Pasalnya upah kerja dan tabungannya tidak dikeluarkan perusahaan tempatnya bekerja. Jum'at (17/09/2021) pukul 11.00 Wib.

Di kantor Disnaker Jalan Wahid Hasyim Medan, SJ Siregar mengkisahkan derita yang dialaminya di tempatnya bekerja kepada wartawan. SJ Siregar yang menetap di lingkungan 20 Pekan Labuhan itu bekerja di PT DI Medan dan ditempatkan di PT JSI Kawasan Industri Modern.

"Saya pekerja PT DI dan ditempatkan di PT JSI. Gaji saya 8 hari tidak dibayar, alasannya karena saya terlambat serahkan surat resign (Pengunduran diri-red), jadi gaji saya tidak diproses, katanya (Pihak PT DI Medan-red) PT JSI yang tidak mengeluarkan gaji saya itu", keluh SJ Siregar.

SJ Siregar berharap Kadisnaker Medan berkenan membantunya. "Saya sangat berharap kepada Kadisnaker Medan untuk berkenan membantu saya mendapatkan hak saya itu, di masa pandemi covid-19 ini gaji itu sangat saya harapkan,  gaji saya yang tidak seberapa itu", harap SJ Siregar di depan pintu keluar masuk Disnaker Medan.

Selain upah, uang tabungan SJ Siregar juga tertahan. "Kami diwajibkan nabung dan uangnya disimpan PT DI, saya tidak tahu pasti  alasannya, namun tabungan saya itu juga ikut tertahan", tambah SJ Siregar.

Pekerja PT DI Medan yang baru masuk ikuti training selama 7 hari di PT JSI, selama itu pula upah kerja saya tidak dibayar. Hitungan pembayaran gaji dimulai pada hari ke delapan. Kecuali bagi pekerja yang protes, upah kerja masa training itu dibayarkan.

Sebelumnya PT JSI melalui petugas Security mengatakan soal upah pekerja PT DI yang bekerja di PT JSI merupakan urusan PT DI Medan.

Sementara pihak PT DI Medan berinisial Y ketika dikonfirmasi tim wartawan Medan Utara tentang hak-hak pekerjanya (Upah yang tidak dibayar, setoran iyuran BPJS, dan tabungan-red) melalui WhatsApp, Jum'at (17/09/2021) pukul 11.20 tidak menjawab. Y arahkan tertulis agar dapat dijawab yang berwenang. 

Reporter : Nur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel