Header

Maksimalkan Perawatan, Ruangan ICU untuk Pasien Covid-19 di RS Pirngadi Medan Ditambah

Foto : Wali Kota Medan, Bobby Nasution, meresmikan ruangan ICU pasien Covid-19 Rumah Sakit (RS) Pirngadi.

DikoNews7 -

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, meresmikan ruangan ICU pasien Covid-19 Rumah Sakit (RS) Pirngadi, Jumat (3/9/2021). Ruang ICU tersebut merupakan tambahan dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap pasien Covid-19.

Ruang ICU Pasien Covid-19 RS Pirngadi merupakan bantuan dari dua kementerian, PUPR dan Kesehatan. Berkat lobi wali kota, 2 kementerian itu memberikan bantuan untuk menambah pelayanan bagi warga Medan yang terinfeksi Covid-19.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR dan Kesehatan atas bantuan kepada kami, untuk memaksimalkan treatment atau perawatan kepada masyarakat yang terkena Covid-19," kata Bobby.

Ruang ICU Pasien Covid-19 RS Pirngadi tersebut dilengkapi 20 bed, plus 4 bed khusus anak. Kementerian PUPR membantu membangun gedung, dan Kemenkes membantu memasok seluruh alat kesehatan yang dibutuhkan.

Dari pantauan Bobby, seluruh fasilitas ruangan ICU tersebut telah sesuai dengan standar. Selain ICU, ada pula ruangan untuk perawatan Hemodialisa atau cuci darah untuk pasien gagal ginjal.

"Dari yang saya lihat dan cek, seluruhnya sesuai standar, dijelaskan juga tadi oleh Pak Syafril dari PUPR. Spesifikasi ruangan intinya standar," lanjut Menantu Presiden Jokowi itu.

Namun, yang terpenting, kata Bobby, adalah peningkatan pelayanan di RS Pirngadi Medan. "Pelayanan harus ditingkatkan, itu saya minta. Ini ruangan sudah bagus, bukan kita harap penuh ya, tapi pelayanan sehingga pasien lekas pulih. Karena pelayanan yang bagus akan mempercepat pemulihan pasien," sebutnya.

Dengan bertambahnya 20 bed di ruang ICU RS Pirngadi, secara otomatis menambah ketersediaan Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Medan. Saat ini BOR di Kota Medan di bawah 60 persen atau di angkat 56 persen. Artinya masih cukup untuk menampung pasien Covid-19.

"Saya tugaskan Pak Mardohar (Plt Kadis Kesehatan) untuk update data. Tapi yang paling penting itu jumlah yang tidur (pasien) yang harus berkurang," harap Bobby.

Selesai meresmikan dan meninjau ICU baru itu, Bobby disapa pasien sakit umum yang sedang dirawat. Pasien bernama Dirmawati Hasibuan itu mengidap sakit paru.

"Saya sakit, Pak Wali, paru saya berjamur," keluhnya kepada Bobby.

Melihat itu, Bobby berhenti dan tampak mengobrol sembari menyemangati agar Dirmawati lekas sembuh. "Pelayanan di RS Pirngadi bagaimana buk, bagus? Kalau ada keluhan laporkan saja buk, semoga ibu lekas sembuh bisa berkumpul lagi dengan keluarga," ucap Bobby.

Selain meresmikan ruang ICU RS Pirngadi, Bobby Nasution juga meresmikan ICU Pasien Covid-19 di RS Adam Malik. (*)

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel