Header

Banjir Semakin Parah, Warga Kecewa Dengan Pengerukan Sungai Labuhan Ruku

Foto : Pengerukan sungai Labuhan Ruku perlu di tinjau kembali. (Erwin)

DikoNews7 -

Pengerukan atau normalisasi sungai yang berada di Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, kabupaten Batu Bara, dengan menggunakan alat berat excavator beberapa waktu lalu menuai kecewa warga. Pasalnya setelah dilakukan pengerukan, banjir pasang air laut semakin parah.

Amatan DikoNews7 saat itu, terlihat excavator melakukan pengerukan tidak hanya pada endapan / sedimentasi tanah yang memenuhi sungai yang di keruk, tetapi juga melakukan pengeprasan tanah di sekitar bantaran sungai.

Menurut Nuraini (30) warga Lingkungan III kelurahan Labuhan Ruku mengatakan, sejak di keruk sungai itu pasang air laut naik  semakin parah hingga masuk kerumah, kami yang tinggal sejak puluhan tahun disini tidak pernah merasakan pasang besar seperti ini.

“Semakin di keruk sungai itu pasang air laut naik semakin luar biasa, kami kecewa sekali atas pengerukan sungai itu di sebabkan rumah kami dekat dengan sungai, pasang air laut selama ini  yang tidak pernah masuk ke rumah jadi masuk  airnya, “ sebutnya, Minggu (10/10/2021).

Diakuinya, sejak di keruknya sungai itu air meluap lebih parah dari sebelumnya, jadi kecewalah kita, jadi banyak kerjaan menguras air dan membersihkan lumpur yang masuk ke dalam rumah.

Asniar (53) juga menyebutkan, sejak puluhan tahun tinggal di sini tidak pernah tenggelam dapur kami, karena rumah yang kami tempati rumah panggung, dan sekarang sejak di keruknya sungai ini air masuk ke dalam dapur.

“Kami kecewa dengan pengerukan sungai ini, memang kami sering mengalami pasang air laut, cuma lagi tidak pernah masuk ke dalam rumah dan sekarang ini pasang air laut tersebut masuk ke rumah,“ ungkap Asniar.

Kami berharap kepada Pak Bupati Batu Bara untuk segera meninjau hasil pengerukan sungai Labuhan Ruku ini.

Reporter : Erwin

Editor : Diko

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel