Ketahui Penyebab dan Dampak Banjir Rob di Belawan

Foto : Banjir Rob di Belawan.

DikoNews7 -

Banjir rob kembali melanda sejumlah Wilayah di Enam Kelurahan di Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara (Sumut) hingga sejumlah ruas jalan diwaktu malam hari, Rabu (17/11/2021).

Banjir rob yang terjadi di enam Kelurahan di Kecamatan Medan Belawan ini bukanlah hal baru karena hampir sebulan dua kali selalu datang.

Lantas apa itu banjir rob sebenarnya ? Ini pengertian, penyebab, dan dampaknya.

Pengertian banjir rob, banjir rob adalah pola fluktuasi muka air laut yang dipengaruhi oleh gaya tarik benda-benda angkasa, terutama oleh bulan dan matahari terhadap massa air laut di bumi.

Banjir rob atau banjir pasang surut air laut ini sering terjadi di wilayah yang tidak jauh dari pesisir pantai.

Penyebab Banjir Rob.

Penyebab pasti banjir rob tak lain karena kenaikan muka air laut oleh pasang surut air laut. Namun, banjir rob juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor eksternal, di antaranya:

- Dorongan air

- Angin, atau swell (gelombang yang bergerak dengan jarak sangat jauh meninggalkan daerah pembangkitnya)

- Badai di laut

- Pencairan es kutub yang dipicu oleh pemanasan global.

Tidak hanya itu, aktivitas manusia juga dapat memicu terjadinya banjir rob. Misalnya pemompaan air tanah yang berlebihan, pengerukan alur pelayaran, hingga reklamasi pantai.

Eksploitasi lahan pesisir oleh manusia dapat menyebabkan penurunan muka air tanah sehingga memicu amblesnya permukaan tanah dan intrusi air laut.

Dampak Banjir Rob.

Adapun dampak yang diakibat banjir rob bisa meliputi berbagai aspek kehidupan seperti mengubah fisik lingkungan, penurunan kualitas lingkungan, dan kerugian ekonomi.

Banjir rob juga bisa menyebabkan terganggunya lalu lintas di beberapa titik yang tergenang air bahkan kerusakan jalan.

Selain materi dan lingkungan, dampak bagi masyarakat juga bisa dirasakan secara fisik. Mulai dari potensi penularan penyakit hingga fisik yang terkuras karena harus membersihkan rumah dari sapuan banjir rob. 

Reporter : Nur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel