Bupati Batu Bara Tinjau Pelaksanaan Tes Urine Bagi Tenaga Pendidik

 

Foto : Bupati Zahir didampingi Kadisdik Ilyas serta Kepala BNNK Zainuddin tinjau tabung tes urine. (Erwin)

DikoNews7 -

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara melalui Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batu Bara melaksanakan tes urine bagi tenaga pendidik.

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP menyempatkan diri meninjau pelaksanaan kegiatan deteksi dini penyalahgunaan narkoba melalui tes urine bagi tenaga pendidik di halaman UPTD SDN 08 Bangun Sari kecamatan Datuk Tanah Datar, kabupaten Batu Bara, Senin (06/12/2021).

Bupati Batu Bara Zahir dalam kesempatan tersebut di dampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus SE, Kepala BNNK Batu Bara AKBP Zainuddin SAg SH MH mengatakan, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) bekerja sama dengan BNN kabupaten Batu Bara, kita ingin mengambil sample dari beberapa guru yang kita lihat dari postur tubuhnya, cara bicaranya dan ini kita seleksi dan kita ambil di semua kecamatan totalnya 550 orang.

“Ternyata dari 550 orang semuanya negatif, ada yang positif tetapi bukan karena narkotika, nah, tentu ini juga akan berlaku nanti bukan saja di guru termasuk nanti di OPD lainnya,“ ujar Bupati Zahir.

Di katakannya, bahwa narkoba itu sudah masuk ke tingkat SMP, bahkan di tingkat SD pun sudah ada sejenis produk makanan yang di dalamnya mengandung sejenisnarkotika, dan kita antisipasi agarjangan di kabupaten Batu Bara terjangkit ini.

“Siapa pun dia kalau ketahuan positif narkoba kalau honor kita pecat langsung, kalau PNS kita kasih peringatan, turunkan golongannya, kalau di ulangi kembali maka akan  kita pecat dari status PNS nya, keraskanharus kita lakukan ini, karena orang pengguna narkoba bukan efeknya buat diri nya sendiri tetapi orang lain,“ sebut Bupati Zahir.

Sementara itu, Kepala BNN Kabupaten Batu Bara AKBP Zainuddin SAg SH MH menerangkan, dari tes urine dilakukan di jajaran Dinas Pendidikan tiga orang di temukan positif, namun setelah diasesementitu bukan positif narkotika tetapi positif karena mengandung obat-obatan memakai resep dokter dan ini sudah kita asesement mereka tidak ada indikasi narkotikanya karena itu pengaruh dari obat-obatan dari resep dokter.

“Kepada Bupati Batu Baradan Kepala Dinas Pendidikan, mereka komit telah melakukan rencana aksi Nasional melaksanakan Inpres 02 Tahun 2020 ini merupakan instruksi Presiden,“ ujar kepala BNN Kabupaten Batu Bara.

Kami dari BNN Kabupaten Batu Bara apresiasi kepada Pemkab Batu Bara terutama kepada Kepala Dinas Pendidikan yang telah menyeluruh seluruh guru-guru sekolah untuk melakukan tes urine bagi tenaga pendidik, ucapnya.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel