Topan Sitrang di Bangladesh Tewaskan 24 Orang, 10 Ribu Rumah Hancur-Ular Masuk Permukiman

Foto : Dampak Topan Sitrang hantam Bangladesh. (AFP/Munir Uz Zaman)

DikoNews7 -

Topan Sitrang menghantam Bangladesh. Sejumlah orang dilaporkan tewas akibat bencana alam tersebut.

"Sedikitnya 24 orang tewas setelah Topan Sitrang menghantam Bangladesh, memaksa evakuasi sekitar satu juta orang dari rumah mereka," kata para pejabat, Selasa 25 Oktober 2022 seperti dikutip dari Channel News Asia.

Topan - setara dengan badai di Atlantik atau topan di Pasifik - adalah ancaman biasa di kawasan itu, tetapi para ilmuwan mengatakan perubahan iklim kemungkinan membuat mereka lebih intens dan sering.

Topan Sitrang mendarat di Bangladesh selatan Senin 24 Oktober malam, tetapi pihak berwenang berhasil menyelamatkan sekitar satu juta orang sebelum sistem cuaca monster itu melanda.

Sekitar 10 juta orang tanpa listrik di distrik-distrik di sepanjang pantai pada Selasa 25 Oktober, sementara sekolah-sekolah ditutup di sebagian besar selatan negara itu.

Polisi dan pejabat pemerintah mengatakan sedikitnya 24 orang tewas, sebagian besar setelah mereka tertimpa pohon tumbang, dengan dua orang meninggal di utara di Sungai Jamuna ketika perahu mereka tenggelam dalam cuaca buruk.

Seorang warga negara Myanmar yang bekerja di sebuah kapal juga tewas karena jatuh dari geladak, kata seorang pejabat.

"Kami masih belum mendapatkan semua laporan kerusakan," kata pejabat pemerintah Jebun Nahar kepada AFP.

Delapan orang hilang dari kapal pengerukan yang tenggelam saat badai Senin malam di Teluk Benggala, dekat kawasan industri terbesar di Mirsarai, kata kepala departemen pemadam kebakaran regional Abdullah Pasha.

"Angin kencang membalikkan kapal keruk dan tenggelam seketika di Teluk Benggala," katanya kepada AFP, seraya menambahkan bahwa para penyelam sedang mencari korban selamat.

Orang-orang yang dievakuasi dari daerah dataran rendah seperti pulau-pulau terpencil dan tepi sungai dipindahkan ke ribuan tempat perlindungan topan bertingkat, kata sekretaris Kementerian Penanggulangan Bencana Kamrul Ahsan kepada AFP.

"Mereka bermalam di tempat penampungan angin topan. Dan pagi ini banyak yang kembali ke rumah mereka," katanya.

Ahsan mengatakan hampir 10.000 rumah "hancur atau rusak" dalam badai dan sekitar 1.000 tambak udang tersapu banjir.

Dalam beberapa kasus, polisi harus membujuk penduduk desa yang enggan meninggalkan rumah mereka, kata para pejabat.

Pohon-pohon tumbang hingga ke ibu kota Dhaka, ratusan kilometer dari pusat badai.

Hujan deras mengguyur sebagian besar negara itu, membanjiri kota-kota seperti Dhaka, Khulna dan Barisal - dengan curah hujan 324 mm pada Senin.

Sekitar 33.000 pengungsi Rohingya dari Myanmar, yang secara kontroversial dipindahkan dari daratan ke pulau rawan badai di Teluk Benggala, diperintahkan untuk tinggal di dalam rumah tetapi tidak ada laporan tentang korban atau kerusakan, kata para pejabat.

Topan itu menumbangkan pohon dan membawa kepanikan yang meluas ke pulau selatan Maheshkhali setelah listrik dan telekomunikasi terputus.

"Begitulah kekuatan angin, kami tidak bisa tidur di malam hari karena takut rumah kami hancur. Ular masuk ke banyak rumah. Air juga menggenangi banyak rumah," kata Tahmidul Islam, 25, warga Maheshkhali.

Di wilayah Barisal yang paling parah terkena dampak, hujan lebat dan angin kencang mendatangkan malapetaka di perkebunan sayuran, kata administrator distrik Aminul Ahsan kepada AFP.

Di negara bagian Bengal Barat, India, ribuan orang dievakuasi pada Senin ke lebih dari 100 pusat bantuan, kata para pejabat, tetapi tidak ada laporan kerusakan dan orang-orang kembali ke rumah pada Selasa. (*)

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel