Resmi Dilantik, Alvian Khomeini Nakhodai JMSI Kabupaten Batu Bara


DikoNews7 -

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Sumatera Utara, sekaligus menggelar pelantikan pengurus JMSI kota Medan dan Pengurus JMSI kabupaten Batu Bara, priode 2022-2027 oleh Ketua JMSI Sumut, Rianto Ahgly. SH

Rakerda dan Pelantikan tersebut digelar secara langsung di Madani Hotel, Medan, Kamis (02/03/2023). Yang juga dihadiri, Ketua DPP JMSI Choky Susilo Sake, Ketua JMSI Sumut Rianto Ahgly. SH, Faisal Pengurus DPD JMSI Sumut, Ketua JMSI Medan, Lilik Aulia Andri, Gubsu Edy Rahmayadi di Wakili Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus.

Selanjutnya, Kapolda Sumut di Wakili Kasi Pemas Polda Sumut, Irwansyah, Stafsus Bupati Batu Bara, Khairul Muslim, Ketua PWI Sumut dan Ketua SPS Sumut, H. Farianda Sinik. SE, Ketua SMSI, Erris Napitupulu.

Kemudian, Sekretaris Daerah kabupaten (Setdakab) Batu Bara, Norma Deli Siregar, Kadis Kominfo dan Asisten Pemkab Batu Bara, Ketua PWI Langkat, Darwis, Ketua JMSI Kota Medan, JMSI Asahan, Batu Bara, Tanjung Balai, OK Azhari, Syahril Tambuse dan Agus Salim.

Ketua JMSI kabupaten Batu Bara periode 2022-2027 Alvian Khomeini. M.SI usai dilantik mengatakan, JMSI adalah organisasi perusahaan pers yang bertujuan untuk menjadikan perusahaan pers anggota JMSI tumbuh sebagai perusahaan profesional.

Sebagai organisasi yang mewadahi para pemilik perusahaan media online, JMSI diharapkan dapat bersinergi dan menjadi mitra strategis Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara.

“JMSI kabupaten Batu Bara dapat lebih meningkatkan perannya dalam membina media siber. Hal ini sangat penting mengingat salah satu fungsi pers yaitu ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, “ ungkap Alvian.

Media yang profesional juga menjadi ujung tombak pembangunan daerah dan juga sebagai alat kritik untuk menjadikan pembangunan daerah lebih baik, bebernya.

“Oleh karenanya, jika peran ini dapat dioptimalkan, hal ini menjadi modal untuk pertumbuhan media siber akan semakin meningkat dan JMSI menjadi konstituen Dewan Pers, “ sebut Alvian.

Lanjutnya, sesuai arahan DPP Pusat untuk penguatan JMSI Sumut bersama pengurus dan daerah, semua pengurus media online yang sudah terverifikasi faktual tetap melakukan kritik inilah wadahnya, tetapi harus kontrol.

Sementara itu, Rakerda dibuka oleh Ketua DPP JMSI Pusat diwakili Choky Susilo Sake, ia menyampaikan bahwa JMSI harus menjadi lokomotif pembangunan potensi daerah, tidak sekedar memberitakan layanan pubik, tapi memberitakan potensi daerah.

Tantangan kedepan saat ini yang kita hadapi, pertama media siber setiap hari makin bertambah mengingat kemajuan informasi, artinya persaingan kedepan akan ketat.

Kedua kecendrungan media siber saat ini membuat berita yang sama atau copy paste, satu sisi ada kecendrungan masyarakat untuk memanfaatkan informasi yang berbeda, media cyber nyaris sama namun di medsos berita yang berbeda walau akurasinya rendah, selain lebih cepat viral bisa mendapatkan berita yang berbeda.

Ketiga, ada surat edaran dewan pers terbaru nomor 7 tanggal 27 februari, yang mengatur kesejahteraan, ini bukan hal baru bagi di dunia pers, sebab pentingnya kesejahteraan, asuransi, tabungan dan gaji yang layak bagi wartawan.

Surat dari dewan pers tersebut bukan hambatan tapi tantangan bagi perusahaan media. Untuk ini JMSI harus melakukan konsolisasi internal secara organisasi dan profesionalisme,  tutur Choky.

“Rakerda ini dibahas bagaimana membangun soliditas JMSI melalui sindikasi usaha, membuat berita menjadi layak dan memperoleh  penghasilan yang dibolehkan Undang-undang," tegasnya membacakan pidato Ketum JMSI Pusat.

Selanjutnya ia menjelaskan target JMSI, bahwa ada beberapa kewajiban perusahan pers dibawa naungan JMSI untuk penataan redaksional maupun usaha, peningkatan UKW, rapat kerja  serta membahas tindak lanjut surat dewan pers tersebut.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel