Koperasi Konsumen Awan Mera Sejahtera Kembangkan Usaha Bidang Pertanian dan Kelautan


DikoNews7 -

Koperasi Konsumen Awan Mera Sejahtera Kota Medan berdayakan masyarakat pesisir untuk pembesaran kepiting bakau yang punya nilai ekonomi dan disukai konsumen, karena dagingnya yang empuk.

"Baru sebulan rumah kepiting bakau didirikan, sudah banyak warga pesisir yang menjual kepiting bakau kepada kami," ujar Ketua Koperasi Awan Mera Sejahtera, M Nursidin AR saat ditemui dirumah kepiting bakau Jalan Baung Ujung, Kelurahan Belawan Bahagia, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Jumat (9/6/2023).

Kata M Nursidin AR, dikembangkannya usaha bidang pertanian dan kelautan tersebut awalnya sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan anggota, namun banyaknya masyarakat pesisir yang ingin bergabung, maka Koperasi Konsumen Awan Mera Sejahtera tidak dapat membatasi.

"Pengembangan usaha bidang Pertanian dan Kelautan ini adalah program unggulan koperasi, diharapkan dapat mendongkrak perekonomian dan kesejateraan masyarakat pesisir," ujarnya.

Terhadap kepiting bakau yang masuk dalam ukuran dibeli oleh Koperasi Konsomen Awan Mera Sejahtera dengan ukuran 2 hingga 3 ekor per kilogram. Sedangkan harga pembelian antara Rp 65.000 hingga tertinggi Rp 85.000.

"Kita harus melepas kembali kepiting bakau yang tidak masuk ukuran ke alamnya untuk dapat berkembang biak," ujar Nursidin didampingi Sekretaris Koperasi Konsumen Awan Mera Sejahtera, Abdul Rahman.

Kepiting bakau yang dibeli dari masyarakat pesisir terlebih dahulu dipelihara selama paling lama dua pekan, agar kulit dan tapak kepiting bakau menjadi keras, kemudian dijual ke konsumen dengan harga yang sangat pantas.

Baik Nursidin maupun Rahman berharap masyarakat pesisir yang mendominasi kawasan Kecamatan Medan Belawan, benar benar menjaga kelestarian lingkungan, agar kepiting bakau yang merupakan salah satu penyumbang gizi dapat bertahan.

Dengan adanya rumah kepiting bakau ini, Koperasi Konsumen Awan Mera Sejahtera juga bisa memperkerjakan warga sekitar dan mengurangi angka pengangguran. Ucap Nursidin 

Reporter : Nur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel