Wujud Kepedulian Bupati Zahir, 300 Anak Ikuti Sunat Massal Gratis


DikoNews7 -

Pemerintah  kabupaten (Pemkab) Batu Bara lewat Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (P2KB) kabupaten Batu Bara gelar khitan massal  gratis  yang  di ikuti  300  anak yang  digelar di  Pendopo  Perjuangan di Desa Empat Negeri, kecamatan  Datuk  Lima  Puluh, Selasa  (04/07/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M. AP dalam sambutannya yang disampaikan Asisten I Setdakab Batu Bara, Russian Heri mengatakan, Pemkab Batu Bara melakukan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, serta sebagai media promotif kepada masyarakat untuk memelihara kesehatan, khususnya pada anak-anak, serta membantu meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan.

Selain itu, dalam aspek kesehatan, Khitan / sunat juga dianjurkan untuk dilakukan dan memiliki manfaat yang positif, terutama bagi kesehatan reproduksi.

“Sunat juga mampu mencegah penyakit seperti, Fimosis dan Infeksi saluran kemih yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika parah, serta sunat juga menurunkan risiko terkena penyakit kanker prostat, kanker penis, serta menurunkan risiko pasangan dimasa depan terkena kanker serviks, “ sebutnya.

Lebih lanjut di katakannya, penyelenggaraan sunatan massal ini menjadi lebih bermanfaat, karena sekaligus meringankan beban masyarakat.

“Penyelenggaraan pelayanan kesehatan sunat massal gratis ini dapat menghadirkan kegembiraan bagi adik-adik peserta sunatan, serta menjadi awal yang baik untuk mengedukasi anak-anak generasi penerus kita atas kebersihan dan kesehatan diri, “ harapnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah kabupaten Batu Bara, Plt Kepala Dinas Kesehatan P2KB, Direktur RSUD Batu Bara dan para Pejabat Eselon 3 Sub Koordinator Dinas Kesehatan P2KB kabupaten Batu Bara dan para peserta sunat massal gratis.

Sebelumnya, Plt. Kadiskes P2KB kabupaten Batu Bara, dr. Deni Syahputra menyebutkan peserta yang ditargetkan menjadi sasaran sunat atau khitan massal ini hanya dilaksanakan di satu lokasi dengan melibatkan sejumlah tenaga medis dari 15 Puskesmas se-kabupaten Batu Bara.

“Sunat massal yang digelar untuk warga kabupaten Batu Bara ini sebanyak 300 peserta. Jadi kita fokuskan disatu titik, “ ungkap dr. Deni.

Di katakan dr. Deni, 300 peserta pada khitanan massal ini Dinas Kesehatan juga memberikan bingkisan kepada anak-anak peserta khitan, berupa kain sarung dan uang saku.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel