Dipinang Jadi Cawapres Prabowo, Gibran: Tunggu Minggu Depan, Ada Kejutan


DikoNews7 -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut akan ada kejutan pada pekan depan. Hal itu menyusul derasnya dukungan kepada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sebagai cawapres Prabowo Subianto.

Kode itu disampaikan Gibran saat menghadiri acara deklarasi 'Indonesia Memanggil Gibran' di kawasan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023) malam.

"Tunggu minggu depan, ada kejutan," ujar Gibran Rakabuming Raka saat memberikan sambutan kepada pendukungnya.

Dalam kesempatan itu, Gibran mengatakan enggan membahas persoalan politik setelah selama satu hari mengunjungi sejumlah ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Ga usah diceritain ya (kegiatan hari ini), baca berita saja, ada kejutan-kejutan berikutnya. Ditunggu aja. Ini acara malam mingguan ya, gak usah bahas politik," ucapnya.

Di sisi lain, Gibran mengaku senang karena dipercaya dan didukung untuk nantinya bisa maju sebagai cawapres. Ia pun meminta kepada para pendukungnya agar tidak memantik keributan khususnya di media sosial.

"Terima kasih untuk doanya, terima kasih datang ke acara ini. Pokoknya kita pengen pilpres nanti semua aman dan damai. Semua harus rukun, enggak boleh ada yang berantem, apalagi berantem di sosmed. Pokoknya dibawa santai saja," sebutnya.

Nama Gibran hampir dipastikan menjadi cawapres yang bakal diusung mendampingi capres Prabowo Subianto. Partai dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) hampir seluruhnya mendukung Gibran. Seperti, Partai Golkar, Gelora, Garuda, Prima.

Sementara untuk PAN, PBB, Partai Demokrat belum secara tegas mendukung Gibran karena sudah memiliki calon yang ingin diusung.

PAN sudah memiliki calon sendiri yakni, Erick Thohir, PBB mengusung ketua umumnya, Yusril Ihza Mahendra, dan Partai Demokrat mengusung Khofifah Indar Parawansa. Namun, dalam penentuan cawapres yang akan diusung ditentukan oleh Prabowo selaku capres.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengakui kader sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sudah menyampaikan kepadanya perihal keinginan untuk mengikuti pilpres 2024.

Puan menyebut, dirinya sudah bertemu dengan Gibran pada Jumat, 20 Oktober 2023 malam.

"Semalam sudah bertemu Mas Gibran dan Mas Gibran menyampaikan bahwa ada kemungkinan ia akan ikut dalam kontes pilpres (2024)," kata Puan Maharani usai menghadiri Konsolidasi Relawan Ganjar Pranowo-Mahfud Md se-Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur, dilansir dari Antara, Sabtu (21/10/2023).

Kendati demikian, Puan enggan menjelaskan lebih lanjut lantaran belum ada keputusan pasti soal pencalonan putra sulung Presiden Jokowi itu sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pada pilpres 2024.

"Yang saya ketahui, Mas Gibran saat ini baru menerima rekomendasi dari Partai Golkar untuk bisa maju sebagai bakal cawapres. Namun, mengenai bagaimana selanjutnya, hal itu belum ada keputusan," kata Puan.

Untuk itu, kata Puan, hingga kini Gibran masih berstatus sebagai juru kampanye untuk pemenangan Ganjar-Mahfud di pilpres 2024.

Selanjutnya, Puan mengatakan bahwa dalam menghadapi kontes politik, seluruh partai koalisi, kader, dan simpatisan harus menjaga kekompakan dan solidaritas.

"Ini tidak saya tujukan kepada siapa-siapa, tapi menjelang pemilihan, bisa saja kawan menjadi lawan atau lawan justru menjadi teman," kata Puan.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel