Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT PLN Indonesia Power PLTU Pangkalan Susu Tanam 250 Pohon Cemara Udang


DikoNews7 -

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan mendukung kelestarian lingkungan di sekitar pembangkit listrik, PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pemeliharaan (UBH) dan Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Pangkalan Susu melakukan penanaman pohon. Kegiatan ini juga bertepatan dengan selesainya proses overhaul SE PNS Unit 4. Jumat (07/06/2024).

Sebanyak 250 pohon cemara udang ditanam di area Circulation Water Pump (CWP) unit 1-4. Ini merupakan bentuk dukungan PT PLN Indonesia Power PLTU Pangkalan Susu dalam pelestarian lingkungan dan memperkuat ekosistem lokal sehingga dapat meningkatkan penyerapan karbon di ekosistem darat.

Penanaman dihadiri sejumlah pimpinan, pegawai UBH, UBP PNS, perwakilan pemerintah daerah, serta komunitas lokal. Penanaman pohon cemara udang dipilih karena memiliki daya serap karbon yang tinggi dan jenis  pohon ini juga dikenal tahan terhadap kondisi lingkungan pesisir, sehingga cocok untuk ditanam di area CWP.

Kegiatan diawali dengan sambutan singkat dari Manager Area I.1 UBH PT PLN Indonesia Power PLTU Pangkalan Susu Raska Permana, dirinya menyampaikan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan tanggung jawab bersama dalam mengurangi dampak perubahan iklim.

“Kami sangat bangga dapat menyelesaikan overhaul SE PNS Unit 4 dengan sukses dan memanfaatkan momentum ini untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan. Penanaman pohon cemara udang ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar operasional kami," ucapnya.

Kegiatan ini, lanjut Raska tidak hanya bertujuan untuk menambah tutupan hijau di area CWP 1-4, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan di kalangan pegawai dan masyarakat sekitar. 

Kami berharap, kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus berkontribusi dalam menjaga lingkungan hidup, terangnya.

Sementara itu, Manajer Operasi UBP (Unit Bisnis Pembangkitan) Pangkalan Susu, Nursiswo dalam sambutannya  menyampaikan. 

"Penanaman pohon ini adalah wujud komitmen PLTU Pangkalan Susu terhadap lingkungan dalam menyediakan listrik hijau yang ramah lingkungan dan bermanfaat untuk kehidupan di masa mendatang." Ucap Nursiswo didampingi manajemen lainnya.

Kegiatan berlangsung aman dan lancar.

"Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini. Semoga dengan langkah kecil ini dapat menciptakan perubahan yang besar untuk kelestarian lingkungan di masa depan." Tutup Raska Permana selaku Manajer area I.1 Unit Bisnis Pemeliharaan. (Kurnia02)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel