Penutupan Latihan Hanudnas Tutuka TA. 2019


DikoNews7 | Medan - 

Pada tanggal 15 oktober 2019 pukul 13.00 WIB, Panglima Kohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E selaku Direktur Latihan (Dirlat), secara resmi menutup Latihan Hanudnas Tutuka tahun 2019 melalui Video Conference (Vicon), di ruang Yudha Popunas Kohanudnas, Halim Perdana Kusuma. 

Selama dua hari mulai tanggal 14-15 Oktober 2019, Panglima Kosekhanudnas III, Marsekal Pertama TNIDjohn Amarul, S. AB., bertindak sebagai pelaku latihan, memimpin langsung Latihan Hanudnas Tutuka TA. 2019, didampingi para Asisten Kosekhanudnas III di Ruang Yudha Posekhanudnas III Medan.

Musuh selalu berusaha melakukan pelanggaran wilayah udara nasional guna melakukan pengamatan dan pengintaian terhadap Negara Indonesia.  

Namun upaya musuh dapat terdeteksi oleh Satuan Radar jajaran Kosekhanudnas III, selanjutnya atas perintah Pangkohanudnas dilaksanakan penindakan terhadap pesawat musuh oleh unsur tempur sergap pesawat F-16 berupa patrol udara, pengusiran dan pemaksaan pendaratan (force down). 

Latihan juga melibatkan PT. Pertamina Dumai sebagai salah satu objek vital di Sumatera Utara, guna menguji kesiapsiagaan Hanud pasif menghadapi kontijensi.

Latihan Hanudnas Tutuka TA. 2019 merupakan puncak latihan Kohanudnas yang bertujuan untuk menguji dan mengukur kesiapsiagaan Kohanudnas dan jajarannya termasuk unsur DenArhanud Rudal 004 Dumai dan KRI Sampari 628 yang berkemampuan Hanud dalam operasi pertahanan udara untuk mewujudkan sistem pengamanan, penangkalan dan penindakan terhadap berbagai kontijensi yang perlu diantisipasi dan direspon dengan cepat. 

“Dengan melaksanakan latihan secara berkesinambungan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, baik perorangan maupun satuan dan pada bagian akhir harus diadakan evaluasi dan konsolidasi, agar terwujud kesesuaian dan keserasian antara hasil latihan dengan kondisi riil kesatuan. Dengan demikian kedepan kita akan mampu melaksanakan pengembangan dan pembinaan satuan secara terus menerus dan berkesinambungan”. demikian harapan Panglima Kosekhanudnas III. (Asn)

Editor : Sapta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel