MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Generasi Muda Tanjung Rejo Ikuti Pelatihan Jurnalistik


DN7 | Tanjung Rejo -

"Kita ingin kalangan muda punya kreatifitas untuk berperan bagi kemajuan desa ke depan. Pelatihan Jurnalistik adalah salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan generasi muda terhadap dunia Jurnalistik atau dunia kewartawanan.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Slamet pada acara pembukaan Pelatihan Jurnalistik Karang Taruna Mangrove, yang berlangsung Minggu 22/12.

Menurut Kepala Desa, merupakan tantangan bagi generasi muda untuk memahami lebih jauh soal seluk beluk dunia informasi, khususnya dunia jurnalistik, yang saat ini berkembang sangat pesat sejalan dengan perkembangan alat alat komunikasi.

"Pemerintah desa butuh masukan masukan apa yang harus dilakukan ke depan. Kita butuh masukan jika ada ide dan gagasan dari kalian. Kita akan berupaya untuk mewujudkannya," jelas Kepala Desa.

Pelatihan Jurnalistik Karang Taruna Mangrove, Tanjung Rejo, yang diikuti sekitar 50 peserta, menampilkan dua pembicara yakni Jurnalis senior Syaiful Anwar Lubis dan Andiko Yuda Satrawan. Keduanya memaparkan dasar dasar Jurnalistik baik untuk media cetak maupun media elektronik seperti televisi.

Menurut Syaiful, dengan perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat saat ini, setiap orang seolah olah bisa menjadi jurnalis, dengan hanya memanfaatkan alat komunikasi semacam smartphone, lalu menyebarluaskannya melalui medsos. Padahal ada aturan aturan yang harus difahami dan ditaati jika ingin menulis sebuah peristiwa menjadi berita yang disebarluaskan.

"Jadi tidak setiap orang lantas seenaknya membuat liputan lalu menyesuaikan. Ada aturannya, ada etikanya," jelas Syaiful sambil menguraikan kaidah kaidah jurnalistik yang berlaku selama ini.

Menurut mantan Eksekutif Produser INews TV Medan ini, sebuah berita adalah sebuah uraian fakta dari peristiwa yang terjadi, yang ditulis secara menarik untuk disebarluaskan ke publik, tanpa memasukkan unsur opini atau pendapat pribadi dari si penulis berita.

Dalam kesempatan itu, Ketua Karang Taruna Mangrove, Tanjug Rejo, Syafrial memberikan cendramata berupa buka kepada Kepala Desa dan Dua Pembicara.

Ketua Karang Taruna Mangrove Tanjungrejo berharap, pelatihan ini bisa memberi motivasi bagi kalangan muda untuk lebih memahami seluk beluk dunia jurnalistik, sekaligus bis ameningkatkan kemampuan menulis dan daya nalar peserta terhadap peristiwa peristiwa yang terjadi di sekitarnya. (Red)

Editor : Sapta
Share This Article :
Dikonews7
4518356910882902657
close