Bupati Zahir Instruksikan GTPP Covid 19 Kab Batu Bara Mempersiapkan Kebutuhan Masyarakat Menuju New Normal - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Bupati Zahir Instruksikan GTPP Covid 19 Kab Batu Bara Mempersiapkan Kebutuhan Masyarakat Menuju New Normal



DN7 | Batubara - Hasil Rapat Kordinasi GTPP Covid-19 Kab.Batubara yang di pimpin Bupati Ir Zahir M.Ap  pada
Tanggal 5 Juni 2020 di Posko Covid- 19 Kab. Batu Bara mengambil kesimpulan dalam Materi Rapat "Persiapan Kabupaten Batu Bara menuju "New Normal" yang digelar dilokasi kantor aula dinas kesehatan Batubara jalan perintis Kemerdekaan Lima Puluh Kota, Jumat (5/6/2020).

Rapat di hadiri oleh Bupati Batu Bara Ir. ZAHIR MAP dan Ketua DPRD Kab Batu Bara Syafi'i, Forkompimda. Dandim Asahan Letkol Inf. Sri Marantika Beruh, S. Sos, Kapolres  Batu Bara diwakili Kabag Ops Kompol Rudy Candra, SH, MM, Danlanal Tj. Balai, Kajari Batu Bara diwakili Kasi Pidsus, Sekda Kab Batu Bara Sakti Alam Srg, SH serta OPD yg tergabung dlm GTPP Covid 19 Kab Batu Bara.

Tujuan New Normal, Normal baru dalam tatanan kehidupan baru. Kebijakan New Normal adalah upaya pemerintah menjaga keseimbangan dalam penanggulangan dan penanganan masalah kesehatan dan menghidupkan kembali kehidupan ekonomi rakyat yang hampir  terpuruk akibat wabah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

Sebagaimana yang di sampaikan Presiden Jokowi pada tanggal 15 Mei 2020 menyebutkan bahwa New Normal sebagai keniscayaan. Sesuatu yang harus ditempuh untuk mengatasi resiko wabah dan juga dampaknya. Keniscayaan ini bukan pilihan mudah dan langsung tuntas. Tetapi pilihan sulit dengan banyak resiko. Termasuk resiko gagal dan keadaan tambah buruk atau resiko selamat tetapi dengan kondisi babak belur.

Untuk itu, Bupati  Zahir menginstruksikan GTPP Covid 19 Kab Batu Bara utk mempersiapkan segala sesuatu yg dibutuhkan untuk menuju kehidupan New Normal yakni :
1. Meningkatkan pengendalian dan pe
    nularan Covid 19 di Kab. Batu Bara.
2. Meningkatkan kapasitas sistem kesehatan mulai Puskesms, RS, sampai peralatan kesehatan medis sehingga mampu melakukan pengujian, pelacakan kontak, karantina orang terinfeksi, serta alat test PCR.
3. Menekan resiko wabah di wilayah dgn
     kerentanan tinggi.
4. Penerapan protokol pencegahan Covid-19  di tempat kerja dengan pakai masker, jaga jarak ,restoran, rumah ibadah, Arena wisata dll.
5. Kendalikan resiko kasus dari pembawa virus (kasus import) orang-orang yang masuk ke wilayah Kab. Batu Bara melalui Post jaga setiap pintu masuk.
6. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan berpendapat dan dilibatkan dalam masa transisi menuju New Normal.

Sebagai uji coba dalam masa transisi ini, Bupati Zahir juga meminta kepada  seluruh Camat untuk membuat  "Desa Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 yang akan difasilitasi melalui dana Covid-19. Serta mendekatkan pelayanan dan pendataan masyarakat yg terdampak Covid 19 ini agar dibuat aplikasi.

Dalam rapat tersebut, Bupati Zahir juga memerintahkan bagi Kepala Dinas Kesehatan Kab. Batu Bara selaku Ketua Pusat Pengendalian dan Operasional GTPP Covid- 19 sekaligus sebagai Jubir GTPP Covid- 19 Kab Batu Bara agar memapar kan Perkembangan Kondisi Epidemiologi Wabah Covid-19 di Kab. Batu Bara sampai dengan 4 Juni 2020. Dimana  Kab. Batu Bara sampai saat ini masih dalam zona hijau yang diapit oleh daerah kab/Kota dengan zona merah.

" Untuk kewaspadaan dan kesiapsiagaan harus tetap di lakukan agar mencapai kriteria dan indikator indikator yang telah dituangkan melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 440-830 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Corona Virus 2019 Bagi Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah." Ujar Zahir

Disamping itu, Bupati Zahir berharap agar kegiatan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat harus menjadi perhatian OPD dengan melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti bantuan bibit, pupuk dan lain nya, kerana masalah Kesehatan dan Kemiskinan bagaikan dua sisi mata uang yang harus di perhatikan.

"Jangan sampai terjadi Kemiskinan makin bertambah, kesehatan semakin memburuk. Pemerintah Batubara harus segera mempersiapkan Transisi yang matang dan memberi peluang besar untuk berhasil, Dan sebaliknya transisi yg ter gesa-gesa akan memperkecil keberhasilan." Pungkas Zahir
(Aswat)

Editor : Sapta


Share This Article :
Dikonews7
4518356910882902657
close