Kurang perhatian, Gedung SDN 056642 Kampung Baru Langkat Rusak Parah



DN7 | Langkat - Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 056642 Kampung Baru, Desa Pangkalan Siata, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, kondisinya sangat memprihatinkan, dengan kerusakan yang cukup parah. Senin (24/8/20)

Kerusakan terlihat di tiga ruang kelas belajar (RKB), hingga tidak bisa digunakan lagi dalam proses belajar mengajar, dengan kondisi lantai yang rusak parah, atap seng bocor, daun jendela, dinding hancur, termasuk mobiler seperti bangku dan kursi tidak layak, bahkan kuda-kuda bangunan nyaris ambruk akibat sudah lapuk  mengakibatkan asbes berjatuhan.

Kerusakan bangunan bermaterial kayu terjadi selain karena faktor usia, juga akibat minimnya perbaikan yang dilakukan yang mengakibatkan tiga RKB tersebut nyaris ambruk, ujar Daud (35) salah seorang wali murid di sekolah tersebut kepada Dikonews7.com baru baru ini.

"Kondisi ini sudah berjalan lebih kurang dua tahun tanpa perbaikan, akibatnya gedung sekolah ini tidak dapat dipakai lagi dalam proses belajar mengajar, " ucap pria yang berprofesi sebagai nelayan tradisional itu.

Lebih lanjut dirinya mengatakan. Sebelum merebaknya Covid-19, para siswa terpaksa belajar secara bergantian, ada yang masuk siang dan pagi, artinya, sebelum masa sulit seperti sekarang ini pun RKB sudah tak bisa di tempati lagi.

Kita sebagai masyarakat, berharap agar Pemkab Langkat dapat segera memperbaiki gedung sekolah yang rusak sehingga ketika sebaran virus Corona sudah berakhir kelak, tiga RKB sudah bisa di gunakan dalam proses belajar mengajar.

Bahkan pernah kejadian, beberapa murid yang saat itu sedang belajar di dalam ruang kelas nyaris tertimpa material bangunan yang jatuh. "Beruntung, asbes yang jatuh tidak menimpa kepala anak-anak didik tersebut," terangnya.

Hal senada di ucap warga lainnya, dimana masyarakat meminta Pemkab Langkat dapat melihat kondisi buruk gedung sekolah ini dan segera memperbaikinya.

"Sangat-sangat prihatin dan miris melihat kondisi SDN 056642 Kampung Baru ini, seperti ada pembiaran dari Pemkab Langkat dan Dinas Pendidikan, sangat jauh berbeda dengan kondisi sekolah SDN lainnya di Langkat dengan perbandingan gedung lebih bagus, kita harap Pemkab Langkat melalui Dinas Pendidikan membuka mata guna memperbaiki sekolah ini", ucap Wagimin (41) berharap.

Sementara itu, Kepala SDN 056642 Kampung Baru, Salmah SPd saat akan dikonfirmasi wartawan baru baru ini ditempatnya bertugas, dirinya sedang tidak berada di sekolah, menurut keterangan salah seorang guru yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, pimpinannya sedang keluar sekolah ada urusan penting. (Kurnia02)

Editor : Sapta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel