Tampung Aspirasi Warga, Desa Securai Selatan gelar Musrenbangdes - Diko News

Tampung Aspirasi Warga, Desa Securai Selatan gelar Musrenbangdes



DN7 | Langkat - Desa Securai Selatan, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, Jumat (7/8/20) menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2021.

Musrenbang berlangsung di aula kantor Desa, di hadiri berbagai elemen masyarakat, tokoh pemuda dan agama, LPM, BPD, Kadus, RT/RW, Bhabinkantibmas dari Polsek P.Brandan, Babinsa dari Koramil 13 Kodim 02/03 Langkat, Camat Babalan Fajar Aprianta Sitepu, Kasi PMP Kecamatan Babalan Sherly dan Sandrak Herman Manurung.S.Sos anggota DPRD Kabupaten Langkat dari Fraksi PDI Perjuangan serta aparatur Desa Securai Selatan.

Adapun usulan yang disampaikan masyarakat, merupakan usulan yang menjadi prioritas dari beberapa dusun yang ada di Desa Securai Selatan, diantaranya pembangunan parit beton, pengadaan lampu jalan, pembangunan jalan hotmix serta normalisasi parit dan lainnya.

Kepala Desa Securai Selatan P.Efendi Simangunsong mengatakan, Musrenbangdes merupakan wadah kepentingan bersama, dalam menyusun rencana pembangunan desa yang selaras dengan pembangunan nasional.

Dimana nantinya RKPDes disusun dan disepakati bersama dalam musyawarah, yang selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan (SK), RKP Desa yang sudah ditetapkan menjadi pedoman dalam menyusun dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

Lebih lanjut, Pak Kades mengatakan, ada banyak usulan yang disampaikan masyarakat, namun yang menjadi prioritas adalah pembagunan jalan Hotmix dan Normalisasi, dimana normalisasi sangat di butuhkan desa kita dalam bercocok tanam padi.

"Kegiatan dan usulan prioritas kita adalah pembangunan jalan hotmix dan normalisasi, yang mana aspirasi masyarakat akan kita bawa dan sampaikan ke Musrenbang tingkat Kecamatan, kita berharap Musrenbangdes ini dapat menciptakan pembangunan yang tepat sasaran, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat kita", ucap Kepala Desa Securai Selatan P.Efendi Simangunsong.

Sementra itu, Sandrak Herman Manurung.S.Sos dalam Musrenbangdes ini mengatakan. Securai Selatan sebagai daerah penghasil padi terbaik dan lumbung padi yang ada di Kabupaten Langkat, masalah pengairan merupakan hal utama dalam menunjang peningkatan hasil panen padi, begitu juga akses jalan.

Dari usulan pembangunan yang disampaikan, kita berharap Pemerintah Kecamatan mendukung pembangunan Desa Securai Selatan menjadi prioritas dalam Musrenbang Kecamatan, yang nantinya akan disampaikan ke Kabupaten dan ini harus menjadi prioritas dalam pembangunan kedepannya, ucap mantan aktifis Walhi ini yang juga putra asli Desa Securai Selatan.

Acara yang berlangsung hingga sore ini, berjalan dengan aman, lancar dan tertib, di mana peserta Musrenbangdes yang hadir tetap mematuhi protokuler keseahatan Covid-19 dengan mengenakan masker.

"Harapan kita, semoga dengan Musrenbangdes ini, masyarakat dapat berperan aktif dalam pembangunan dan kemajuan Desa, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat kita", tambah P.Efendi Simangunsong selaku Kepala Desa Securai Selatan. (Kurnia02)

Editor : Sapta


No comments

Powered by Blogger.
close