Apel Gabungan Pj Bupati Labusel Beri Arahan Soal Dana Desa

Foto : Pj Bupati Labuhanbatu Selatan, Alfi Syahriza ST, MEng, Sc

DikoNews7 -
 
Penggunaan dana desa untuk adaptasi kebiasaan baru diprioritaskan pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa guna mewujudkan desa sehat dan sejahtera melalui Desa aman Covid- 19, serta mewujudkan desa tanpa kemiskinan melalui bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa".
 
Hal itu disampaikan Pj Bupati Labuhanbatu Selatan, Alfi Syahriza ST, MEng, Sc, saat memimpin Apel Gabungan, Senin (05/04) di halaman kantor Bupati Labuhanbatu Selatan.
 
Lebih lanjut, Pj. Bupati Labuhanbatu Selatan mengatakan penggunaan Dana Desa tahun 2021 bertujuan memulihkan ekonomi nasional, sesuai kewenangan desa diprioritaskan untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs Desa).
 
Disebutkan, SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang menyasar pada Peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, meningkatkan lapangan kerja dan pendapatan ekonomi keluarga serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan warga miskin di desa.
 
Pj. Bupati menegaskan bahwa penggunaan dana desa harus memberikan manfaat dengan memprioritaskan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang bersifat mendesak untuk dilaksanakan serta lebih dibutuhkan dan berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat.
 
"Mengingat besarnya anggaran yang dikucurkan, saya mengimbau kepada seluruh pimpinan OPD khususnya Dinas Pemberdayaan masyarakat dan para camat, agar berperan aktif terhadap kebutuhan desa-desa di Kabupaten labuhanbatu Selatan ini," tegas Pj. Bupati.
 
Pada kesempatan itu, Pj. Bupati menjelaskan dalam upaya mendukung pelaksanaan roda pemerintah 19 Desa persiapan di kabupaten Labuhanbatu Selatan, desa induk dapat memanfaatkan alokasi biaya operasional dari anggaran pendapatan belanja desa paling banyak 30 persen sesuai, PP Nomor 1 tahun 2017, UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 dan Permendagri Nomor 1 Tahun 2017 tentang penataan desa.
 
Reporter : Zen
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel