Header

USAID Indonesia Mengapresiasi Kinerja Walikota Tebing Tinggi

Foto : Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM (kiri)

DikoNews7 -
 
USAID Indonesia mengapresiasi kinerja Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan, MM mengenai sanitasi, air bersih dan hidup higienis. 
 
Hal tersebut disampaikan Direktur Lingkungan USAID Indonesia Mathew Burton saat acara penutupan program USAID IWASH PLUS di Wilayah Sumatera Utara (Sumut), Kamis (8/4) Mahogany Ballroom, Apartemen Grand City Hall Medan, Jalan Balaikota, Medan sumut.

Selama kepemimpinan Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM Pemerintah Kota Tebing Tinggi berhasil membangun Instalasi Pengelolaan Limbah Terpadu (IPLT), membuat Perwal untuk sanitasi perkotaan, Perwal percepatan akses sanitasi, air minum dan penanganan genangan.

"Tebing Tinggi concern mengatasi masalah sanitasi dan air bersih di wilayahnya, kami sangat apresiasi ini dan patut dicontoh daerah lainnya di Sumut. Saat ini Tebing Tinggi menginisiasi untuk pembangunan SPAM regional Seriti (Serdangbedagai-Tebingtinggi) untuk penyediaan air minum di dua daerah ini. Kita harap program ini terus berlanjut kedepannya dan semakin baik," kata Mathew Burton usai acara secara virtual.

Dalam acara tersebut Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM mendapat kesempatan menjadi narasumber acara tersebut. Walikota Tebing Tinggi menjelaskan mewujudkan IPLT di Tebing Tinggi berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. Hal ini dilakukan karena sistem IPLT butuh dana yang tidak sedikit.

"Membangun kota kita butuh master plan yang baik, sanitasi dan air bersih itu bagian penting dari itu sehingga kami terus berupaya memperbaikinya. Bersama IUWASH Plus dan dibantu pemerintah pusat IPLT di Tebing Tinggi berhasil dibangun," kata Walikota

Tidak hanya membangun IPLT, Tebing Tinggi juga memanfaatkan limbah tinja menjadi kompos yang bernilai ekonomis. Kompos jenis ini cukup ramai peminat dan permintaan kepada Tebing Tinggi masih terus datang.

"Sampah, termasuk limbah tinja memiliki nilai ekonomis yang lumayan. Kami sampai-sampai tidak bisa memenuhi permintaan dari daerah lain. Bila dulu itu jadi masalah, sekarang kita ubah menjadi bernilai ekonomis," kata Walikota

Konsistensi Tebing Tinggi membangun kotanya juga mendapat apresiasi dari Bappenas yang disampaikan Direktur Perumahan dan Pemukiman Kementerian PPN/Bappenas Tri Dewi Virgiyanti. 
 
Tebing Tinggi berhasil mendapat penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian PP dan PA serta penghargaan Swastisaba Wistara kategori Kota Sehat dari Kementerian Dalam Negeri.

"Upaya yang dilakukan Tebing Tinggi dalam membangun kotanya perlu diapresiasi. Mereka banyak membuat terobosan-terobosan baik dalam bidang sanitasi, air bersih, hidup higienis dan juga sosial. Ini patut dicontoh daerah lainnya," kata Tri Dewi Virgiyanti.

Hadir pada acara puncak penutupan program IUWASH Plush Wilayah Sumut di Mahogany Ballroom Apartemen Grand City Hall Medan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Sekda Provinsi Sumut R. Sabrina dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan. 
 
Selain itu, juga hadir Chief of Party USAID IUWASH Plus Mr Bill Parente dan Acting Principal Officer Konsul Amerika Serikat di Medan Jessica Panchatha dan bupati/walikota se-Sumut secara virtual. 
 
Kadis PU Rusmiyati Harahap, kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Kepala Bapedda Kota Tebing Tinggi Erwin Suheri Damanik, Kabag Protokol Zizi Rangkuti, Dirut PDAM Kharuddin Hsb.iqra


Reporter : Iqra Pancadinata Hsb
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel