Bahaya..!! Debu Putih Serang Pemukiman Warga, Kesehatan Masyarakat Terancam

Foto : Sepeda motor berdebu

DikoNews7 -

Debu putih (Polusi udara-red) serang pemukiman warga Kelurahan Belawan Bahagia Kecamatan Medan Belawan. Ratusan rumah dan kenderaan sepeda motor, serta mobil milik masyarakat setempat dipenuhi debu tersebut. Selain itu, kesehatan masyarakat setempat terancam. Senin (07/06/2021) pukul 06.00 Wib.

"Sekitar 5 bulan belakangan ini setiap pagi rumah dan sepeda motor saya dipenuhi abu putih seperti serbuk kayu, di sekitar Kelurahan Belawan Bahagia ini tidak ada pabrik industri, tapi di seberang paluh yang di belakang rumah kami berdiri perusahaan industri pengolahan kayu. Polisi udara ini tidak bisa dibiarkan, kami keberatan".

Demikian dikatakan Nursidin (56) warga jalan Baung Kelurahan Belawan Bahagia Kecamatan Medan Belawan. Masyarakat di sana akan datangi pabrik pengolahan kayu tersebut.

"Kami masyarakat yang terkena polusi udara abu putih serbuk itu akan buat perhitungan, masyarakat sudah resah", tambah Nursidin.

Hal senada juga dikatakan Yani (30) warga Kelurahan Belawan Bahagia. "Abu putih seperti serbuk itu resahkan kami. Selain membuat rumah kotor, abu itu ancam kesehatan masyarakat terutama anak-anak", kata Yani.

Pabrik industri pengolahan kayu yang berdekatan dengan pemukiman warga jalan Baung Kelurahan Belawan Bahagia sekitarnya itu disebut sebut warga pabrik Tiongkok yang dikelola warga asing.

Rumor yang berkembang di lapangan, perusahaan tersebut produksi kayu meubele yang kemudian diekspor ke luar negeri melalui peti kemas kontainer. Kabarnya pabrik Tiongkok yang dikelola warga asing itu peralihan dari PT CP Medan.

Satu diantara tokoh masyarakat Kecamatan Medan Belawan, Johari SH sesalkan polusi udara yang resahkan warga masyarakat.

"Perusahaan industri manapun yang sebagai pelaku pencemaran udara yang serang pemukiman warga Belawan Bahari tidak bisa ditoleransi, hal itu melanggar Perda nomor 4 tahun 2012 tentang kesehatan masyarakat, serta Undang-Undang  nomor 32 /2009, tentang pengelolahan lingkungan hidup. Kita siap bersama-sama masyarakat atasi polusi udara itu melalui wakil rakyat di DPRD kota Medan", tegas Johari SH. 

Reporter : Nur

Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel