Hasil Reses di Paripurnakan Oleh DPRD Langkat

Foto : Rapat Paripuna DPRD Langkat dalam penyampaian laporan hasil reses

DikoNews7 -

DPRD Kabupaten Langkat gelar rapat paripurna, agenda penyampaian laporan hasil reses masa sidang III tahun ke-II tahun anggaran 2021 di ruang paripurna DPRD Kabupaten Langkat, Stabat, Senin (27/9/21).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Langkat dr. H. Indra Salahuddin yang hadir mewakili Bupati Langkat Terbit Rencana. Membacakan pidato teks tertulis Bupati, hasil reses DPRD Langkat akan menjadi perhatian eksekutif guna mengembangkan terwujudnya demokrasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Langkat.

Sebab, reses yang bertujuan untuk menerima aspirasi masyarakat, serta merupakan bentuk tanggung jawab bersama DPRD dan Pemerintah Daerah dalam menjawab berbagai kebutuhan masyarakat.

Hasil reses  adalah masukan yang langsung didengar dari masyarakat, dilihat dan dirasakan  masyarakat. Jadi hasil reses yang terwujud, dapat lebih meningkatkan  rasa pengabdian  dalam menunaikan amanat rakyat.

"Berbagai masukan yang didengar langsung dari masyarakat dilapangan, semoga menjadi pengabdian kita bersama dalam menunaikan amanat rakyat," ungkap Sekda.
 
Sementara, Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin, selaku pimpinan rapat, mengingatkan kepada Anggota DPRD Langkat untuk menindak lanjuti aspirasi masyarakat dari hasil reses, dengan mengundang instansi terkait sesuai persoalan yang disampaikan masyarakat.

Sebab hal ini telah tertuang dalam Peraturan Tata Tertib DPRD Langkat yang mensyaratkan hasil reses dibahas terlebih dahulu di komisi-komisi untuk dijadikan pokok-pokok pikiran DPRD, lalu hasil dari komisi dibahas lebih lanjut di Badan Anggaran DPRD Langkat. Akhir dari proses ini, nantinya dilaksanakan rapat paripurna penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD.

Selanjutnya pokok-pokok pikiran DPRD diinput melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) sebagai dasar untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), ucap Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin.

Dalam rapat paripurna ini, dibacakan usulan masyarakat dari hasil reses pimpinan dan anggota DPRD Langkat yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 17-21 September 2021 oleh juru bicara masing-masing daerah pemilihan (dapil). 

Dapil I dibacakan Dedek Pradesa dari Partai Gerindra, dapil II oleh Zuhuriah Wista Br. Gurusinga dari Partai Golkar, dapil III oleh Simon Predi dari Partai Demokrat, dapil IV oleh Aidir Syahputra dari PKS dan dapil V oleh Sandrak Herman Manurung dari PDI-P.

Melalui masing-masing juru bicara dapil, diuraikan siapa-siapa yang melaksanakan reses, ada yang melaksanakan secara perseorangan dan ada juga yang berkelompok dengan rincian waktu, lokasi reses dan usulan yang ditampung anggota dewan.

Aspirasi masyarakat yang ditampung anggota DPRD Langkat ini tetap didominasi permintaan pembangunan fisik jalan maupun jembatan. Dalam paripurna inj diketahui jumlah usulan dari Dapil I sebanyak 157, Dapil II sebanyak 149, Dapil III sebanyak 74, Dapil IV sebanyak 122 dan Dapil V sebanyak 114. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel