Banjir Bandang Terjang Pemukiman Warga Kelurahan Bandar Durian

Foto : Banjir bandang di Labuhanbatu Utara.

DikoNews7 -

Banjir kembali melanda sejumlah kawasan di Kelurahan Bandar Durian, Kecamatan Aek Natas, Labuhanbatu Utara (Labura), Sedikitnya ratusan rumah penduduk terkena dampak banjir, Senin (01/11/2021).
 
Banjir yang datang dari hulu sungai secara tiba-tiba mengakibatkan warga yang bermukim di dekat sungai Bandar Durian tidak dapat menyelamatkan harta benda, dikarenakan luapan debit air yang begitu deras sehingga merendam rumah warga, ternak, kenderaan, mobil dan perkebunan.
 
Selain itu, banjir juga mengakibatkan fasilitas umum dan jalan lintas Sumatera (jalinsum) terendam. Dampaknya, arus lalu lintas sempat macet hingga mencapai 20 km, kemacetan terparah terjadi di ruas jalan mulai dari Aek Pamingke hingga Desa Kampung Yaman dan sebaliknya Kelurahan Bandar Durian hingga Desa Terang Bulan.
 
Menurut salah seorang warga Iwan Sagala (32) warga Aek Natas menjelaskan "banjir terjadi sejak Minggu malam dan puncaknya sekira pukul 24.00 WIB, datang tiba-tiba dan sagat deras sehingga kami tidak sempat menyelamatkan harta benda berupa sepeda motor,"ucapnya.
 
Sejak malam hingga pagi harinya masih terlihat petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) (Labura) dan di bantu warga setempat membantu proses evakuasi warga. Sementara petugas kepolisian bersama dengan TNI turun ke lokasi banjir guna membantu mengurai kemacetan arus lalu lintas.
 
Untuk diketahui, Bandar Durian sudah sering menjadi langganan banjir. Hampir setiap tahun, kawasan tersebut terkena dampak banjir akibat luapan air sungai dan diduga hutan yang ada di hulu sungai sudah mulai gundul akibat dari penebangan liar.  
 
Reporter : SS/OT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel