Header

Bupati Batu Bara Resmikan Pasar Tertib Ukur Tanjung Tiram

 

Foto : Bupati Zahir di dampingi Ketua PAC PDI-P Tg. Tiram Bahrumsyah, saat mencoba timbangan tertib ukur. (Erwin)

DikoNews7 -

Pemerintah kabupaten Batu Bara melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kabupaten Batu Bara telah mengupayakan untuk mewujudkan Pasar Ikan Tanjung Tiram sebagai Pasar Tertib Ukur.

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP bersama Direktur Metrologi  Direktorat Kementerian Perdagangan Republik Indonesiameresmikan  Pasar Tertib Ukur Tahun 2021 bertujuan untuk menjamin hasil pengukuran alat ukur dan timbang yang berada pada pasar untuk menjaga kepentingan bersama baik untuk penjual maupun pembeli.

Bupati Zahir dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pasar ikan ini kita jadikan pasar tertib ukur Tanjung Tiram. Nah, apa itu pasar tertib ukur, bahwa setiap masyarakat, setiap konsumen yang membeli dari pasar ini ukurannya harus sesuai, timbangan nya harus sesuai, terukur  supaya ini bisa tertib timbangan nya di lakukan tera oleh Pemerintah.

Dan tadi kita baru saja meresmikan sama Pak Direktur bahwa di kabupaten Batu Bara sudah adaUnit Metrologi Legal (UML), jadi kita sudah bisa menterasendiri dan tak perlu ke Tebing, tak perlu ke Asahan dan Batu Bara sudah punya alat itu, sebut Bupati Zahir.

“Nah, ini yang sudah kita nantikan 14 tahun tidak ada dan hari ini sudah kita resmikan ada di Batu Bara terhadap unit pelayanan itu, semua timbangan, pombensin, ukuran, pedagang sawit, Inalum, kemudian Pelindo yang ada hubungan timbang, Batu Bara sudah bisa melalui Unit Metrologi Legal (UML), “ ujar Zahir.

Di katakan Bupati Zahir, hari kita sudah punya pasar tertib ukur, saya minta masyarakat harus dukung pasar tertib ukur ini, karena ini untuk perbaikan kita menjaga konsumen agar masyarakat membeli pasti sesuai dengan timbangannya.

“Ini juga kita akan masuk ke pasar, bagaimana timbangannya supaya masyarakat tidak di rugikan, ini tujuan Pemerintah, “ tegas  Zahir.

Menurut salah seorang pedagang ikan mengatakan, dengan di resmikan pasar tertib ukur ini supaya pedagang-pedagang ini jangan ada tipu-menipu, jadi pembeli itu ingin membeli dengan pas timbangannya.

“Kalau selama hari ini timbangan para pedagang itu memang tidak pernah sama, namanya manusia lain-lain, ada yang mau ada yang tidak, cuma tidak merata, “ cetus Saparuddin (60) warga Desa Bogak, kecamatan Tanjung Tiram.

Peresmian pasar tertib ukur di hadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ahmadan Choir,Perwakilan Dirjen Kementerian Perdagangan, Asisten II Sahala Nainggolan, PltKepala Dinas Perikanan Antoni Ritonga, Camat Tanjung Tiram M. Iqbal, Lurah Tanjung Tiram Kota Mukhlis, Danramil 05 Tanjung Tiram, Kapolsek Labuhan Ruku, Ketua PAC PDI-P Tanjung Tiram Bahrumsyah.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel