Header

Kaldron Api Peparnas Papua Menyala, 500 Drone Hibur Penonton di Upacara Pembukaan

Foto : Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertolak ke Papua untuk meresmikan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (5/11/2021). (BPMI Setwapres)

DikoNews7 -

Kaldron Stadion Mandala, Jayapura, menyala setelah Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 resmi dibuka, Jumat (5/11/2021).

Api dibawa secara estafet oleh lima atlet disabilitas berprestasi asal Papua. Lince Suebu, Dapiel Bayage, Ida Yani, dan Marinus Mariele bergantian membawa obor sebelum kaldron menyala.

Setelah itu upacara pembukana Peparnas 2021 menghadirkan atraksi 500 drone yang akan menghiasi langit-langit di Bumi Cenderawasih. Drone tersebut didatangkan dari California dan Dubai. Sementara pilotnya didatangkan dari Eropa dan Singapura.

Pembukaan Peparnas mengusung tema "Cahaya dari Timur Papua". Hadir deretan musisi papan atas seperti Anggun, Mikhelia, dan Edo Kondologit. Selain itu artis lokal yang terlibat di antaranya Kaonak, Manggorap, Nogei, Shine of Black, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin sebelumnya mengucapkan pantun untuk membuka secara resmi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021.

"Tanah Papua Bumi Cenderawasih. Pace mace manis senyumnya. Cukup sekian dan terima kasih, Peparnas Papua, resmi saya buka," kata Wapres.

Ma'ruf Amin juga mengucapkan selamat berkompetisi untuk atlet disabilitas yang berkompetisi.

"Saudara-saudara adalah inspirasi dan energi bagi sesama warga bangsa dan negara. Saudara-saudara adalah obor yang menyalakan semangat untuk meraih prestasi," ujarnya.

Tidak ketinggalan, Wapres memuji panitia dan masyarakat Papua atas persiapan menggelar Peparnas 2021.

"Meskipun banyak tantangan, namun dengan kerja keras dan dukungan masyarakat Papua yang saya cintai, telah berhasil menyiapkan venue pertandingan dan sarana pendukung sesuai standar Peparnas," ungkapnya.

Peparnas Papua diikuti oleh 1.985 atlet penyandang disabilitas dari 34 provinsi yang akan berupaya mencetak sejarah sebagai yang terbaik.

Mereka akan berlomba untuk menyumbangkan keping medali bagi kontingen masing-masing pada Peparnas XVI, 5-15 November 2021.

Para atlet akan berlaga pada 12 cabang olahraga, terdiri atas angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja. (*)

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel