Bobby Nasution Sidak Tengah Malam, Respons Aduan Warga Soal Pengerjaan Drainase

Foto : Wali Kota Medan Bobby Nasution, inspeksi mendadak (sidak) di Jalan Pembantu, Lingkungan IV, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, Kamis (23/12) dini hari.

DikoNews7 -

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Jalan Pembantu, Lingkungan IV, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, Kamis (23/12/2021) dini hari tadi.

Ternyata, sejumlah warga di kawasan tersebut rupanya sudah tidak tahan melihat pengerjaan drainase yang membelah lingkungan mereka tak kunjung selesai nyaris 6 pekan.

Ironisnya, pengerjaan drainase yang dilakukan swakelola oleh Dinas Pengerjaan Umum (PU) langsung itu terkesan kupak-kapik. Beberapa spesifikasi tak masuk akal, dan terkesan asal jadi.

Misalnya, pada drainase sepanjang kurang lebih 200 meter tersebut ada bagian yang dicor dan ada yang disambungkan dengan pipa 6 inci. Bak kontrol juga dibuat tanpa bisa dibuka dengan coran permanen.

Akibat lambatnya pengerjaan drainase tersebut, warga sekitar pun sulit masuk rumah sendiri. Parkir kendaraan terpaksa menumpang di rumah tetangga. Maka, warga mengadu langsung kepada Bobby dengan cara mengirim Direct Message (DM) ke Instagram.

"Swakelola PU kayak ancur gini, gimana lagi kontraktor kalian," kata Bobby kepada Pelaksana tugas (Plt) Dinas PU, Ferry Ichsan, dan UPT Medan Selatan, Gunawan.

Camat Medan Johor, Candra, juga tampak di lokasi. Begitu juga Kepala Lingkungan (Kepling) setempat, Murat.

"Itu coba lihat pak, bagaimana bisa begitu. Tolong suruh penjabnya bawa gambar pengerjaan drainase ini ke kantor. Tolong ini segera diselesaikan. Harusnya UPT awasi ini. Jangan dibiarkan," tambah Bobby.

Sebelum kehadiran para pejabat terkait, Bobby mendengarkan dengan seksama penjelasan warga setempat, Irvan dan istrinya Sera. Keduanya adalah warga yang mengadu langsung ke Bobby.

"Pekerjaannya kurang maksimal, pak, kalau untuk mengalirkan air kiriman dari daerah lain di balik tembok perumahan ini. Kalau untuk limbah rumah tangga cukup. Sudah hampir enam Minggulah ini belum siap," kata Sera.

"Saya kagum juga, Pak Wali Kota cepat kali responsnya. Langsung datang, malam-malam lagi," sambung Irvan.

Plt Kadis PU Ferry Ichsan, terkait proyek drainase tersebut membenarkan swakelola. Bahan yang ada di Dinas PU digunakan, dan anggaran yang dikeluarkan hanya untuk membayar tukang.

"Untuk jumlah anggarannya nanti saya tanya," ucapnya. (*)

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel