Hadiri Haul Ke-98 Tuan Guru Besilam, Gubsu Edy Rahmayadi Ajak Jemaah Taati Prokes

Foto : Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin mendampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi.

DikoNews7 -

Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin mendampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, bersilaturahmi ke Kampung Persulukan Besilam Babusalam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Jumat (24/12/2021).

Kunjungan ini dalam rangka menghadiri rangkaian peringatan Haul ke-98 Tuan Guru Besilam Syekh H Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsabandi, dimana puncak acara peringatan Haul ke-98 Tuan Guru Besilam jatuh pada Sabtu, 25 Desember 2021.

H Syah Afandin menyampaikan. Gubernur mengajak para jemaah Haul untuk selalu menaati Protokol Kesehatan (Prokes), terutama menggunakan masker.

"Mohon maaf saya membatasi, tolong dimengerti, kondisi Negara masih Pandemi, tolong masker dijadikan prioritas," Ucap Syah Afandin Afandin, mengikuti Arahan Gubsu.

Syah Afandin mengatakan, Gubsu Edy Rahmayadi mengakui melakukan pembatasan pada peringatan Haul Tuan Guru tahun ini, sebab saat ini masih dalam kondisi pandemi. 

Edy meminta para jemaah agar tidak menyalahkan Tuan Guru Besilam lantaran dibatasi. Apabila tidak di taati, di khawatirkan kasus Covid-19 kembali melonjak, dan yang rugi kita juga.

Apalagi saat ini muncul varian baru Omicron yang penyebarannya lima kali lebih cepat dari varian varian sebelumnya. Oleh sebab itu, membatasi kegiatan yang menimbulkan kerumunan adalah tanggung jawabnya saat ini sebagai Gubernur Sumut atau Pemimpin di Sumut.

"Saya yang melarang tuan guru melaksanakan Haul, kalau ada yang menyalahkan tuan guru, salahkan saya, saya selaku umarah, yang nanti bertanggung jawab dunia akhirat kepada Allah SWT", ucap Gubsu.

Selain itu disampaikan Wabup, Edy juga mengingatkan jemaah untuk melakukan vaksinasi. Saat ini cakupan vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 70%. Juga mengharapkan seluruh jemaah menginformasikan betapa pentingnya vaksinasi saat ini.

Jika tidak menaati prokes dan melakukan vaksinasi, maka pandemi tidak akan pernah selesai. Kedua hal itu adalah kunci agar Indonesia khususnya Sumut keluar dari pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

Selain itu, disampaikan Gubsu, sepanjang pandemi ada ulama yang meninggalkan dunia. Gubsu berharap tidak ada lagi guru atau ulama meninggal akibat Covid-19.

Gubernur berharap, kepada semuanya masyarakat untuk berpartisipasi dalam meredam penularan covid, dengan sumbangsih tenaga, pikiran yang difokuskan dalam penanggulangan Covid-19.

Tuan Guru Besilam Zikmal Fuad mengapresiasi kepedulian Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Bupati Langkat Terbit Rencana PA. Terutama dalam perannya dalam menjadikan Desa Besilam sebagai Kampung Religi.

"Mudah-mudahan Sumut, khususnya Besilam akan lebih maju lagi, dan terbebas dari Covid19," ucap Tuan Guru Besilam Dr Zikmal Fuad MA.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyerahkan bantuan 1.000 paket sembako kepada warga Desa Besilam. Turut hadir dan mendampingi Gubernur Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, para Kepala Perangkat Daerah Pemprov Sumut, Kabag Kesra Langkat Syahrizal, forkopimda Langkat serta forkopimcam  Padang Tualang.

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel