Header

Dua Unit Mobil Damkar Diturunkan Mengatasi Air Tergenang di Tanjung Tiram

Foto : Kegiatan gotong royong di Tanjung Tiram.

DikoNews7 -

Camat Tanjung Tiram  M Iqbal Hatta  SSos  MAP melakukan gotong royong di dua Desa sekaligus yaitu Desa Suka Maju dan Desa Bogak yang kondisi saat ini air tergenang menggenangi Jalan Merdeka Desa Bogak dan Gang Setia Desa Suka Maju, Selasa 04/10/2022.

Kegiatan ini melibatkan unsur pemerintahan, baik dari jajaran Pemerintah Kecamatan, unsur TNI AL, Kepala Desa Suka Maju, Bogak,  Kaur,  Kadus,  Ormas serta Korlap Kebersihan DLHKP Batu Bara beserta Angota Petugas Kebersihan Tanjung Tiram.

Camat Iqbal kepada awak media mengatakan, penyumbatan di saluran pembuangan menimbulkan terjadinya penggenangan air pada saat volume hujan tinggi di dua titik lokasi yaitu Gang Setia Suka Maju dan Jalan Merdeka Desa Bogak, dampaknya sangat berpengaruh terhadap lingkungan dan para pengendara yang mengendarai di Jalan Merdeka,  tukasnya.

Pada dua titik ini sudah pernah di ditinjau dan di lakukan pengorekan saluran tapi pada akhir tahun 2021 yang lalu curah hujan cukup tinggi sehingga menyebabkan material pasir dan lumpur mengendap disaluran dan ditambah lagi dengan rendahnya badan jalan serta parit ditutupi dengan cor beton sehingga susah untuk mengangkat sedimen dan material didalamnya, imbuhnya lagi.

Kali ini kami coba untuk mendatangkan 2 unit  mobil Damkar Milik Pemerintah Kabupaten Batu Bara untuk menyemprot sedimen dan material yang ada didalam parit dan selokan serta saluran pembuangan yang berada di Gang Damai yang alur pembuangannya ke sungai pangkalan, ujarnya.

Untuk langkah berikutnya kami akan menyurati pemilik rumah dan toko yang ada dipunggiran Jalan Merdeka yang menutup parit dengan cor beton yang intinya kami minta supaya dibongkar.

Lebih lanjut, Iqbal mengatakan dengan disemprotnya sedimen dan material yang berada diparit, volume air telah turun di Jalan Merdeka menuju saluran pembuangan di Gang Damai. 

Kegiatan penyemprotan ini akan dilakukan kembali karena ada satu titik saluran yang masih belum bisa ditembus yaitu gorong-gorong yang berada di Jalan Merdeka Desa Suka Maju menuju Gg Damai Desa Bogak dan Desa Indrayaman Kecamatan Talawi. Sekiranya ini dapat ditembus kemungkinan air yang berada di Desa Suka maju akan dapat berkurang, tandasnya.

Iwan salah seorang warga di Jalan Merdeka yang ikut serta membersihkan parit di depan rumahnya mengatakan, di depan rumah kami kalau sudah curah hujan cukup tinggi air pun tergenang dan kami susah untuk keluar masuk ke rumah dan kami membuat jalan dengan menggunakan goni plastik yang di isi pasir.

Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini Pak Camat mau melakukan gotong royong ini. Kami juga berharap selanjutnya diadakan kembali pembersihan material pasir dan lumpur di parit ini. Apa lagi sudah diberikan ultimatum kepada masyarakat yang menutup parit harus dibongkar agar lebih mudah untuk membersihkannya, ucapnya.

Reporter : AHS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel