Pemerintah Desa Suka Maju Gelar Musrenbang Desa TA 2022

Foto : Musrembang  Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara.

DikoNews7 -

Pemerintah Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk Tahun Anggaran 2022 , Rabu 26/01/2022.

Turut hadir pada acara musrenbang Camat Tanjung Tiram yang diwakili oleh
Ida Lismasari  SSos,  Pjs Kepala Desa, Ketua BPD,  Ketua LPM,  para kepala Dusun,  Kaur Desa,  tokoh masyarakat,  tokoh pemuda dan para undangan lainnya.

Ida Lismasari  SSos dalam Arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa musrenbang ini adalah merupakan agenda setiap tahun yang wajib dilaksanakan,  agenda ini merumuskan dan menetapkan prioritas pembangunan untuk di tetapkan di tingkat desa.

Karena ada usulan yang merupakan kewajiban di tingkat desa untuk di bangun di tahun berjalan ini,  karena desa punya anggaran Dana Desa,  dan ada usulan yang akan diajukan ke kabupaten, sebutnya.

Lanjut menurut Ida,  seluruh usulan ini nantinya akan di rekap dan akan di susun kemana saja sasaran pendanaannya. Selanjutnya nanti akan diadakan Musrenbang di tingkat Kecamatan Tanjung Tiram,  demikian seterusnya sampai ke tingkat kabupaten. Ujarnya lagi.

Kepala Desa Suka Maju,  Irman mengatakan, ada beberapa saluran parit/drainase yang sangat mendesak untuk di prioritaskan seperti saluran parit pembuangan yang selama ini tumpat sehingga mengakibatkan air tergenang akan berdampak terhadap aktifitas masyarakat dan dari sisi kesehatan mengakibatkan menjamurnya sarang2 nyamuk dan menjadi habitat serangga yang membawa penyakit, tuturnya.

Lebih lanjut Irman mengatakan,  disamping pembangunan sarana dan prasarana juga akan difasilitasi masyarakat yang rumahnya tidak layak untuk dihuni untuk diajukan ke Pemerintah Kabupaten untuk dibantu agar masyarakat dapat menempati rumah yang layak huni, serta pemasangan tiang lampu dari Dusun I s/d XIII, sebutnya lagi.

Secara terpisah, tokoh pemuda Suka Maju
Indra  Gunawan yang juga ketua BPD Desa Suka Maju mengatakan, pembangunan saluran parit pembuangan terutama Jalan Jogja dan Jalan Solo Kiri dan Kanan sangat mendesak untuk diprioritaskan karena sudah tidak ada parit lagi sudah rata dengan bahu jalan, tuturnya.

Lanjut Indra Gunawan yang kesehariannya di panggil Iwan menuturkan, pembangunan jalan rabat beton yang berlokasi di Jalan Setia Gang Musholla juga menjadi prioritas untuk dianggarkan di tahun 2022 ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Amri,  salah seorang tokoh pemuda yang juga ketua LPM Desa Suka Maju menyebutkan, Desa Suka Maju merupakan salah satu Desa yang terpadat penduduknya di Kecamatan Tanjung Tiram. Sudah selayaknya sarana dan prasarana harus bisa diprioritaskan pembangunannya. 

Sebab jumlah penduduk ya g banyak juga menjadi sumber potensi air limbah dan sampah,  untuk itu saluran pembuangan harus ada dan harus dirawat kedepannya,  bak-bak sampah juga harus dibuat untuk antisipasi sampah menutupi saluran pembuangan, ujarnya.

Reporter : AHS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel