Disdik Batu Bara Kembali Mendapat Penghargaan Kategori Pemanfaatan Digitalisasi

Foto : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus SE MPd, menerima Penghargaan BPI AWARDS.

DikoNews7 -

Selamat kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Bapak Ilyas Sitorus SE MPd, salah satu dari sekian penerima Penghargaan BPI AWARDS dengan Nominasi Pembangunan dan Pemanfaatan Sistem Kerja Berbasis Aplikasi.

Awards dan Penghargaan diberikan langsung oleh Brigjen Pol Erwin Chahara Rusmana sebagai Pembina BPK KNPNA RI atas capaian kinerja yang sudah memanfaatkan digitalisasi.

Ceremony 2 Dasawarsa HUT BPI KPNPA RI (Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia) berlangsung di Ball Room Semeru The Sultan Hotel & Residence Jakarta Kamis 10/02/2022.

Dalam perhelatan Perayaan HUT BPI KPNPA RI ke 20 Tahun, selain pelantikan Deputi Investigasi dan Intelijen Angling Darma, juga diberikan Penghargaan BPI AWARDS kepada para penyelenggara Negara & Daerah yang dinilai dari berbagai kategori dan nominasi. Ada 4 Gubernur, 4 Bupati/Walikota dan 20 dari jajaran aparat hukum serta 7 organisasi perangkat daerah se Indonesia, sebut Ketua Umum BPI KPNA RI Tubagus Rahmad Sugendar.

Sementara Anglin Darma, Deputi Investigasi dan Intelijen BPI KNPNA RI, sejak dimasa Pandemi Covid-19 Disdik Batu Bara banyak memanfaatkan digitalisasi dalam bidang pendidikan, selain dalam pembelajaran juga yang tak kalah menariknya adalah keterbukaan dalam penerimaan dan pemanfaatan serta pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah untuk semua jenjang yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten Batu Bara. 

Dimana mulai dalam penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah sampai kepada  pelaksanaan dan pelaporan dana BOS sudah memanfaatkan teknologi berbasis Aplikasi  sehingga satuan pendidikan tidak perlu harus datang ke Disdik. 

Demikian juga dengan penarikan dana BOS di Bank Penyalur juga sudah dilakukan dengan berbasis Aplikasi sehingga Kepala sekolah/Bendahara tidak mesti ke Kantor Disdik, namun persyaratan untuk penarikan dana tersebut sudah tersistim dari Aplikasi simpelbosbatubarakab, ujar Angling.

Dengan demikian  Bank Penyalur cukup dengan melakukan falidasi saja pada 6 (enam) digit terkahir dari surat rekomendasi tersebut dan surat rekomendasi tersebut hanya berlaku selama 12 jam, selebihnya maka UPT wajib mengajukan kembali dengan tetap berbasis Aplikasi, terang Angling  menirukan dan menyaksikan cara kerja simpelbos batubarakab. 

Nah inilah yang menjadikan salah satu perhatian kami dan tim sehingga apa yang dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara yang kami anggap sangat menyesuaikan dengan era Pandei dan era digital sebagai mana harapan Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi, tambah Anglin kepada awak usai kegiatan.

Sebelumnya Kadisdik Ilyas saat menyampaikan ucapan terimakasih dihadapan tamu undangan mengatakan bahwa pemerintahan yang memanfaatkan digitalisasi akan efisiensi biaya dan waktu dalam pelayanan publik sehingga pelayanan publik kepada masyarakat menjadi lebih cepat termasuk dilingkungan pendidikan.

Digitalisasi berarti merubah sesuatu menjadi digital dalam memanfaatkan tekologi. Digital dapat bermacam-macam, mulai dari digital pelayanan, laporan, pemasaran dan lainnya. Disaat pandami COVID-19 ini, digital harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi berbagai sektor termasuk sektor pendidikan, papar mantan Karo Humas Protokol Pemprovsu ini.

Disamping itu juga yang tak kalah pentingnya adalah dukungan dari teman-teman media yang terus aktif ikut mengkhabarkan capaian dan kegiatan Disdik melalui media yang dikelola masing-masing, papar Ilyas.

Kami terus berupaya untuk mengembang aplikasi yang telah dibangun seperti PPBD Online, e-simpelbos.batubarakab, e-layanan, e-mgmp, e-mentoring, e-supervisi, e-dupak, e-saspras, e-layanan, e-keuangan dan lainnya. Semua ini terus berkembang karena Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP., sangat mendukung  yang namanya digitalisasi, sebut Ilyas.

Hadir bersama Ketua Umum BPI KNPA RI Tubagus Sukendar dan seluruh pengurus, Dewan Penasehat BPI Irjen Pol. Budi Setiawan, Ketua Dewan Pembina BPI Brigjen Pol. Erwin, Diputi Investigasi dan Intelijen BPI Angling Darma, Direktur Tipikor Barekrim Polri Brigjen Cahyono Wibowo, Kepala Daerah, Kapolda/Kajati yang mewakili para penerima Awards dan Penghargaan serta undangan termasuk para awak media yang berkesempatan bersama hadir.

Reporter : Tim

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel