Lockdown Diperpanjang, Warga Shanghai Mulai Kehabisan Bahan Makanan

Foto : Seorang pria mengendarai skuter sebelum dimulainya lockdown tahap kedua sebagai tindakan pencegahan terhadap virus corona COVID-19 di Shanghai, China, 31 Maret 2022. (Hector RETAMAL/AFP)

DikoNews7 -

Penduduk Shanghai menyuarakan rasa frustrasi yang meningkat pada Jumat (1 April) atas kebingungan selama seminggu lockdown COVID-19, menggunakan media sosial untuk mengeluh tentang kekurangan makanan dan perintah tinggal di rumah yang membingungkan.

Setelah awalnya bersumpah mereka akan menghindari lockdown di seluruh kota, para pejabat mengubah taktik minggu ini dan mengumumkan penutupan bertahap yang membagi pusat keuangan China menjadi dua sehingga pihak berwenang dapat menguji 25 juta penduduknya. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (1/4/2022).

Penguncian empat hari di daerah Pudong dimulai pada hari Senin, diikuti oleh perintah tinggal di rumah untuk zona Puxi yang berpenduduk padat yang akan dimulai pada hari Jumat.

Tetapi banyak lingkungan Puxi tiba-tiba diperintahkan masuk pada Kamis pagi, sementara sebagian besar Pudong masih ditutup pada hari Jumat, membuat marah warga di kedua sisi.

"Ini adalah lockdown seluruh kota secara de facto," kata seorang pengguna Weibo. 

"Banyak jalan dan kompleks Pudong masih terkunci, hanya sedikit yang dicabut." 

Pihak berwenang pada Kamis malam menerbitkan rencana "manajemen jaringan" yang membingungkan untuk pembukaan kembali, yang akan membuat semua kompleks perumahan di mana tes positif ditemukan ditutup, serta "sel" di sebelahnya.

Pembatasan telah menyebabkan pembelian panik di toko-toko serta kekurangan pengemudi pengiriman untuk mendapatkan makanan bagi jutaan orang yang sekarang terjebak di rumah.

"Apakah lockdown yang berkelanjutan ini bertujuan untuk membuat kita kelaparan?" poster lain di Weibo mengatakan, menyebut janji pemerintah sejauh ini sebagai "penutup jendela".

Penduduk beberapa kompleks telah melewati pembatasan dengan menerima pengiriman yang diikat dengan tali yang diturunkan ke tanah, menurut wartawan AFP.

Ketika kesabaran mulai memudar di Shanghai di antara publik yang secara luas menyetujui pengendalian virus selama dua tahun, pejabat kota terkemuka Ma Chunlei pada hari Kamis membuat pengakuan kegagalan yang langka, dengan mengatakan kota itu "tidak cukup siap" untuk wabah tersebut. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel