4 Sungai di Banten Meluap, Kabupaten Lebak Banjir, Jembatan Akses ke Sukabumi Terputus

Foto : Banjir di Kabupaten Lebak, Banten. (Kepala Desa Bayah Barat, Ridwan)

DikoNews7 -

Hujan deras yang turun pada Minggu siang, 9 Oktober 2022, menyebabkan 4 sungai meluap dan menimbulkan banjir di Kabupaten Lebak, Banten. Total, ada 4 kecamatan yang terendam luapan sungai, yakni Bayah, Panggarangan, Cilograng dan Cibeber.

Tak hanya merendam rumah, banjir akibat luapan Sungai Cisiih, Cibareni, Cimadur dan Cijatra juga memutuskan jembatan penghubung antara Kabupaten Lebak, Banten, dengan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Selain itu, hujan deras juga menyebabkan tanah longsor di Lebak Selatan.

"Jembatan Cilograng dan Cisolok Sukabumi, jembatan Cibareno dengan pasir Gombong juga putus," kata Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Feby Rizky Pratama, melalui selulernya, Minggu (09/10/2022).

Berdasarkan data terbaru pukul 20.00 wib, lokasi banjir terparah ada di Kecamatan Bayah. Ketinggian air yang merendam rumah warga bervariasi, antara 50 cm hingga 80 cm. Sedangkan di persawahan, mencapai 1 meter. Kondisi saat ini, banjir sudah mulai surut.

"Sementara jalan itu tanah longsor, udah dibersihi, udah bisa dilalui. Kondisinya saat ini sungai-sungai penyebab banjir sudah mulai normal kembali," terangnya.

Petugas BPBD Kabupaten Lebak dibantu TNI, Polri dan relawan, masih melakukan pendataan korban banjir. Data sementara yang masuk, ada sekitar 100 rumah yang terendam.

Begitupun korban luka maupun jiwa, BPBD Kabupaten Lebak belum menerima laporan dari relawan di lapangan maupun puskesmas yang wilayahnya terendam banjir.

"Kami belum menerima informasi adanya korban luka maupun meninggal, begitupun relawan kami di lapangan, belum melaporkan adanya korban jiwa maupun luka-luka," jelasnya. (*)

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel