Proyek Plat Beton Dinas PUPR Langkat Rp97,4 Juta Diborongkan ke Masyarakat Rp26 Juta


DikoNews7 -

Proyek plat beton Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Langkat, sebanyak 2 unit di Dusun V Medan Dua, Desa Teluk Meku Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, hingga kini masih menjadi bahan perbincangan. Jumat (09/12/2022).

Bagaimana tidak, proyek yang dikerjakan oleh PT Karya Setia Prima, dengan biaya Rp 97.400.000 bersumber dana dari P-APBD Langkat TA 2022, diduga kuat di borongkan kemasyarakat dengan nilai Rp 13 juta untuk 1 unit proyek plat beton.

Hal ini disampaikan para pekerja yang berhasil ditemui wartawan beberapa hari lalu dilokasi proyek, mereka mengatakan, pengerjaan diborongkan kepada warga, 1 unit plat beton Rp 13 juta hingga selesai dengan volume 5x1 meter.

"Satu proyek (pekerjaan) diborongkan Rp 13 juta kepada masyarakat, disitu semuanya, dari pembelian bahan material sampai upah, Rp 13 juta itu sampai selesai, bahan semua kami beli dipanglong terdekat," ucap beberapa pekerja yang namanya tidak ingin disebutkan.

Anehnya, para pekerja dan masyarakat sekitar tidak mengetahui berapa besar anggaran yang dikucurkan pemerintah Kabupaten Langkat dalam proyek pembangunan plat beton ini, karena tidak ada papan informasi maupun plank proyek yang dipasang.

Namun setelah beberapa media memberitakan proyek ini, barulah plank proyek terlihat terpasang disekitar lokasi, sontak ini menjadi perbincangan warga ,pasalnya di plank proyek tertera biaya proyek mencapai Rp 97.400.000.

Iwan salah seorang warga mengatakan, Dana proyek ini cukup besar mencapai Rp 97,4 juta untuk 2 unit, berarti 1 unit Rp 48,7 juta, tetapi kenapa diborongkan kemasyarakat 1 unitnya Rp 13 juta, tentunya banyak kelebihan dana dari Rp 97,4 juta menjadi Rp 26 juta untuk 2 unit.

"Dari harga sudah jauh beda, tentu hasil dan kualitas proyek juga tidak standar dan tidak sesuai RAP, kita minta Dinas PUPR Langkat mengambil sikap tegas kepada pihak rekanan pelaksana proyek yang memborongkan proyek ini kemasyarakat, serta meninjau ulang proyek yang dikerjakan, ucapnya.

Sementara itu, Plt Dinas PUPR Kabupaten Langkat, Khairul Azmi.S.Stp, saat dikonfirmasi terkait proyek plat beton ini, Senin (05/12/2022) lalu diruangannya, mengucapkan terimakasih kepada wartawan atas informasi yang diberikan.

"Terimakasih informasinya Bang, kita akan meninjau kelokasi, saat ini biaya proyek plat beton ini belum dibayar, nanti akan kita panggil kontraktor beserta PPK nya," ucap Azmi. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel