Pekerja Juga Sebagai Agen Utama Suksesnya Implementasi K3 di Lingkungan Kerja


DikoNews7 -

Pentingnya manajenen K3  (Keselamatan Kecelakaan Kerja) dimiliki oleh setiap pekerja, karena K3 merupakan kebutuhan dasar bagi setiap pekerja, termasuk bagi buruh bongkar muat Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Belawan.

Hal itu dikemukakan Andika, Tutor Basic K3 dari Otoritas Pelabuhan Utama Belawan saat bertindak sebagai pemateri pada diklat TKBM Pelabuhan Belawan, Selasa (7/3/2023).

Dikatakannya, perlu kesadaran pekerja mengenai pentingnya K3 sebagai kebutuhan dasar manusia. Ia juga dapat memaparkan tanggung jawab manajemen, karena pekeja juga sebagai agen utama dalam suksesnya implementasi K3 di lingkungan kerja.

"Pihak yang paling pertama harus mengerti pekerjaan adalah pekera itu dalam mengerjakan secara aman dan dirinya juga bertindak menghentikan pekerjaan bila dinilai tidak aman," ujar Andhika.

Disebutkan, ada beberapa poin mengenai K3 yang cukup penting, diantaranya Keselamatan adalah hak dan kebutuhan dasar setiap manusia.

"Tidak ada seorangpun yang Ingin memanfaatkan asuransi kesehatannya ataupun asuransi kematiannya dan tidak ada seorangpun yang berharap mendapatkan luka atau cacat, apalagi kematian karena kecelakaan dan penyakit akibat kerja," katanya

Selain Andika juga hadir Wahyu R R menyampaikan materi peralatan bongkar muat dan alat bantu bongkar muat Cargo handling gear dan stevedooring Equipment dan dihadiri juga dalam diklat tersebut, Ketua TKMB Pelabuhan Belawan, Sabam Parurian Manalu SE MAP Phd. 

Reporter : Nur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel