EP Prayer Manik : Hindari Penyimpangan, Jadilah ASN Yang Jujur dan Amanah


DikoNews7 -

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara (Sumut) menunjukkan keseriusan untuk mewujudkan Lapas yang bebas dari peredaran Handphone, pungli dan narkoba (Halinar).

Ditandai dengan  menggelar Apel Deklarasi Zero Halinar yang diikuti oleh seluruh petugas Lapas Labuhan Ruku. Dalam kegiatan tersebut dilakukan penandatngan Deklarasi Zero Halinar oleh seluruh petugas, Selasa (16/05/2023).

Deklarasi Zero Halinar ini merupakan komitmen bersama seluruh pegawai Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku untuk melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Tidak hanya untuk pegawai, Deklarasi Zero Halinar ini juga menjadi komitmen bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Labuhan Ruku agar berkomitmen untuk tidak memiliki barang-barang terlarang seperti handphone dan narkoba.

Dijelaskan Kalapas Kelas IIA Labuhan Ruku, EP. Prayer Manik, bahwa komitmen ini menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-PK. 08.05-714 tanggal 2 Mei 2023 tentang pelaksanaan langkah Progressive sebagai tindak lanjut atas maraknya pemberitaan negatif terhadap Pemasyarakatan terkait terutama yang berkaitan dengan penyalagunaan narkoba, penipuan online, pungli dan lain-lain.

Dikatakan Kalapas, EP. Prayer, hal yang perlu diperhatikan dalam surat edaran adalah melaksanakan tugas sesuai dengan SOP dan Peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta memberikan sanksi terhadap petugas dan Warga Binaan yang melanggar.

“Untuk petugas Lapas apel ini juga menegaskan kepada kita untuk tetap mengimplementasikan 3 plus 1 sebagai kunci pemasyarakatan maju yakni Deteksi Dini, pemberantasan narkoba dan sinergi dengan aparat penegak hukum serta (plus) yang terakhir back to basic, “ ungkap EP. Prayer.

Dalam kegiatan ini, Kalapas Kelas IIA Labuhan Ruku, EP. Prayer menyampaikan amanat kepada seluruh pegawai agar melaksanakan tugas dengan jujur dan amanah.

“Hindari melakukan pungutan liar atau bahkan memfasilitasi peredaran Handphone dan narkoba di dalam Lapas, karena sanksi yang akan diberikan sudah jelas dan tidak main-main, “ tegas EP. Prayer.

Menyinggung pelaksanaan tugas seluruh pegawai, EP. Prayer menekankan jangan lakukan penyimpangan yang mengakibatkan nama baik rumah kita bersama yaitu Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku menjadi tercoreng, tanggung jawab dan disiplin selalu dalam menjalankan tugas.

Kalapas juga meminta seluruh peserta apel agar jangan menjadikan deklarasi Penandatanganan dan komitmen bersama Zero Halinar tersebut hanya sebagai sebuah kegiatan seremonial semata, tetapi harus diwujudnyatakan.

“Tetap semangat, tetap jalankan tugas dengan baik, semoga Lapas Labuhan Ruku lebih baik dan selalu bersih dari Halinar, “ pinta EP. Prayer Manik.

Selesai apel Deklarasi Zero Halinar, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan Lapas Labuhan Ruku Zero Halinar (handphone, pungli dan narkoba). Serta di adakan pemusnahan barang bukti hasil razia.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel