Miliki Program Layanan Publik Favorit, Polres Labuhanbatu Terima Apresiasi Dari Lemkapi


DikoNews7 -

Dinilai berhasil menaikan kepercayaan publik dari sejumlah program pelayanannya, Polres Labuhanbatu Polda Sumut terima apresiasi dan penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi). Giat penyerahan piagam penghargaan tersebut dilakukan di Ruang Lobby Mapolres Labuhanbatu, Selasa (20/6/2023).

Menurut Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Saputra, dari hasil survei yang dilakukan pihaknya, program Polres Labuhanbatu yang paling banyak mendapat respon dari masyarakat adalah program Jumat curhat.

Ia menilai, program Jumat curhat yang di prakarsai oleh Kapolres Labuhanbatu tersebut merupakan bentuk pelayanan langsung kepada masyarakat, karena disaat itu masyarakat bisa dekat dengan polisi dan bisa menyampaikan keluh kesahnya secara langsung.

Menurutnya, program yang dilaksanakan Polres Labuhanbatu ini cukuf efektif sebab masyarakat tak lagi memerlukan perantara untuk menyampaikan aspirasi dan persoalan kepada Kepolisian dan program ini berhasil meningkatkan kepercayaan mesyarakat sesuai dengan harapan Kapolri.

"Selama kurun waktu dua bulan ini kami melakukaan pengamatan dan penilitian. Respon terbanyak kita temukan pada program Jumat Curhat dan ini paling banyak diminati masyarakat," Ucap Edi, usai giat penyerahan apresiasi dan penghargaan.

Lebih lanjut, Edi menilai,selain program Jumat curhat, program lain juga tidak kalah menarik misalnya saja program trauma hiling yang digagas baru ini usai pengungkapan kasus pencabulan dan kekerasan dilingkungan pendidikan.

Ada sejumlah program pelayanan publik yang digagas oleh Polres Labuhanbatu belakangan ini diantaranya program Jumat curhat, ngobrol bareng Kapolres, SKCK dilevery, perpustakaan dan poliklinik terapung, trauma healing.

Trauma hiling ditujukan kepada para korban dan dinilai dapat memberikan cukup efek positif serta dapat mengontrol trauma yang dialami para korban.

Saat itu kerja cepat Polres dapat perhatian dan apresiasi dari sejumlah tokoh. Masyarakat juga terlihat sangat senang. "Dan itu dinilai sebagai pelayanan dengan solusi yang tepat," ujarnya.

Selain trauma healing, program perpustakaan terapung juga mendapat respon yang positif, disana para anak sekolah khususnya dapat menggali ilmu sembari bersantai.

"Anak - anak kami llihat cukup senang, mereka belajar sambil menikmati perjalanan perahu," ungkap Edi.

Dan program menarik lainnya juga tidak kalah menarik simpatik masyarakat yakni SKCK dilevery sebab dapat memudahkan urusan dibalik kesibukan masyarakat.

Serta, lanjut Edi, program Ngobrol Bareng Kapolres yang telah memberikan hasil diantaranya munculnya Sim Keliling di wilyah pingir Daerah hukum Polres Labuhanbatu.

"Selama ini mereka keluhkan untuk perpanjangan SIM yang biasanya bisa menghabiskan waktu 5 jam untuk perjalanan dan saat ini sudah lebih jauh efisien," ucapnya.

Sementara itu Kapolres Labuhanbatu AKBP James H.Hutajulu berkomitmen bahwa Polres Labuhanbatu akan terus berinovasi dalam membentuk pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

"Saya selaku Kapolres mewakili staf dan jajaran Polsek mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan kepada Polres Labuhanbatu dari Direktur Eksekutif Lemkapi Bapak Dr Edi Saputra Hasibuan dan kami akan terus melakukan inovasi - inovasi untuk memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan  kepada masyarakat," pungkasnya.

Reporter : Indra

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel