Langgar Lalin, Pengendara Dapat Teguran Humanis Personil Lantas Labuhanbatu


DikoNews7 -

Gelar Operasi Patuh Toba 2023 di sejumlah ruas jalan inti kota Rantauprapat dalam Zona Kawasan Tertib Lalulintas (KTL), Satlantas Polres Labuhanbatu SumateraUtara memberikan sangsi berupa teguran kepada sejumlah pengendara yang ditemukan melakukan pelanggaran saat berkendara. 

Kapolres Labuhanbatu AKBP James Hutajulu melalui Kasat Lantas Akp M Ainul Yaqin, Selasa (11/7) mengatakan, seyogyanya tujuan pelaksanaannya Ops patuh Toba Tahun 2023 adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

“Ops patuh Toba 2023 ini lebih mengendapkan langkah pencegahan dengan cara memberikan himbauan, teguran kepada masyarakat pengguna jalan, kita juga memberikan edukasi kepada para pelajar dan pengendara tentang kesadaran keselamatan berlalulintas," ucapnya.

Kasat menambahkan, dalam pelaksanaan Ops Patuh Toba yang di lakukan pada Senin 11 Juli semalam, Operasi dimulai dari pukul 14.00 wib hingga pukul 15.30 wib yang dilaksanakan di sejumlah lokasi kawasan tertib lalulintas seperti Simpang 4 Lampu Merah Pos Kota Rantauprapat atau di Jalan A Yani, Jalan MH Thamrin Rantauprapat, Jalan Jend Sudirman, Jln Diponegoro serta di Jln K.H Ahmad Dahlan Rantauprapat.

Dalam pelaksanaan operasi, sambungnya, selain memberikan teguran humanis kepada pelaku pelanggaran, personil juga memberikan himbauan dan penyebaran Leaflet serta sticer di lokasi kegiatan.

“Dalam pelaksanaan Ops Patuh Toba 2023 ini, ada beberapa warga pengendara mendapat imbauan serta teguran humanis karena kedapatan tidak menggunakan helm berstandar SNI saat berboncengan, dan hasilnya petugas memberikan blanko teguran humanis sebanyak 64 lembar,” jelasnya.

Ainul Yaqin juga berharap, dengan berlangsungnya pelaksanaan Ops Patuh Toba 2023 ini dapat meningkatkan kesadaran warga, khususnya masyarakat Kabupaten Labuhanbatu untuk mematuhi peraturan berlalu lintas dikawasan tertib lalulintas dan di jalan raya sehingga dapat mengurangi kesalahan dan menurunkan angka kecelakaan.

Informasi dihimpun, Ops Patuh Toba 2023 kali ini digelar dengan tujuan melakukan penindakan terhadap pelaku pelanggaran lalulintas dan menyasar kepengendara mobil yang tidak menggunakan safety belt atau sabuk pengaman, melawan arus lalulintas, menggunakan handphone saat berkendara, berboncengan lebih dari dua orang, tidak menggunakan helm stadart SNI, dan pemilik sepeda motor belum taat membayar pajak kendaraan bermotor, serta pengemudi kendaraan dibawah umur.

Reporter : Indra Dharma

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel