Kebakaran Museum Nasional, Koleksi Bersejarah Hasil Repatriasi Belanda Aman


DikoNews7 -

Museum Nasional Indonesia (MNI) atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat kebakaran pada Sabtu (16/9/2023) malam. 

Usai kebakaran Museum Nasional, saat ini situasi di MNI telah terkendali berkat respons cepat antara tim pemadam kebakaran, kepolisian, dan MNI.

"Berkat respons cepat dari seluruh pihak, kami berhasil mengamankan koleksi dan benda-benda sejarah yang terdampak. Kami secara intensif terus melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut," jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra dikutip Minggu (17/9/2023).

Area yang terdampak di bagian belakang Gedung A tidak menyebar luas, sehingga ruangan-ruangan lain di Gedung A, Gedung B, dan Gedung C beserta isinya dipastikan aman.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim telah memberikan pernyataan pers dari lokasi kebakaran bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan prioritas utama BLU MCB saat ini adalah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak serta memastikan keamanan benda sejarah. 

"Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum (Museum Nasional) kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," jelas Mahendra dikutip liputan6.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel